Bentuk Komitmen Jaga Toleransi, FKUB dan FPK Magetan Deklarasikan “Magetan Guyub”

Jaga Toleransi, FKUB dan FPK Magetan Deklarasikan “Magetan Guyub”

Beritatrends, Magetan – Sebagai komitmen bersama untuk menjaga toleransi di tengah keberagaman, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) mendeklarasikan “Magetan Guyub”, di Pendopo Surya Graha, Selasa (21/3/2023).

Deklarasi ini ditandai dengan penandatanganan bukti otentik oleh sejumlah perwakilan yang berasal dari tokoh agama, tokoh masyarakat, suku, dan etnis yang ada di Magetan.

Secara umum, isi dari deklarasi damai adalah ikrar dari masyarakat Magetan untuk tulus ikhlas menjaga kebersamaan dan menjunjung nilai persatuan dan kesatuan.

“Pelaksanaan deklarasi “Magetan Guyub” adalah untuk menciptakan iklim yang sejuk dan kondusif di Magetan, terlebih saat ini menjelang waktu Pemilu,” ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Magetan, Chanif Tri Wahyudi.

Sementara itu, Bupati Magetan, Suprawoto turut mengapresiasi dan berterima kasih atas peran serta seluruh komponen masyarakat dalam menjaga toleransi di Magetan.

“Saya mengucapkan terima kasih pada seluruh komponen. Tanpa kita sadari kita mendapat penghargaan nomor satu terkait penanganan konflik sosial di Magetan,” ujar Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, turut diserahkan piagam penghargaan bagi Kepala Sekolah di penjuru Kabupaten Magetan, baik dari tingkat SMP/sederajat dan SMK/sederajat.

Penghargaan ini diberikan sebagai wujud apresiasi atas kontribusi peserta dalam kegiatan Parade Surya Senja, dimana hal ini dinilai sebagai bentuk pembumian nilai-nilai Pancasila serta semangat membangkitakan jiwa nasionalisme dan rasa cinta tanah air.

Baca Juga  Terima Kunjungan Silaturrahmi Pasiter Dim 1415/Selayar Kadis Sosial Bahas Kerjasama Bedah Rumah

Pos terkait