Bersih Desa, Pemdes Dawuhan Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

Pemdes Dawuhan Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk

Beritatrends, Blitar- Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Di jawa khususnya, ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam.

Maka dari itu Pemerintah Desa Dawuhan, Kecamatan Kademangan melaksanakan bersih desa dengan menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, sebelumnya ada kegiatan kirab panji dan hasil bumi yang diikuti seluruh masyarakat Desa Dawuhan serta semaan Al Qur’an dan doa bersama.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Dawuhan Ahmad Muhibbudin, Muspika Kecamatan Kademangan, anggota DPRD Kabupaten Blitar Dapil 1 dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Muhib, sapaan akrab Kepala Desa Dawuhan, bersih desa merupakan wujud rasa syukur warga atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Selain wujud syukur, bersih desa diharapkan menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya jawa dan menguatkan keanekaragaman, bersifat nasionalisme serta menguatkan nilai-nilai gotong royong,” terangnya.

Kami berharap keharmonisan, kerukunan dan kebersamaan masyarakat terjalin dengan erat dan penuh rasa persaudaraan dapat terus terpelihara. Kerukunan dan kebersamaan ini modal penting bagi kita untuk membangun Desa Dawuhan,” tandasnya.

Baca Juga  Pj Bupati Tuba Di Minta Usut Kegiatan Disperkim Bersama Winarti Diduga Fiktip

Pos terkait