BKKBN Jatim Kunjungi Kampung KB di Magetan

Beritatrends, Magetan – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus melakukan pembentukan dan pengembangan Kampung KB. BKKBN juga melakukan penilaian terhadap gerak dan kinerja Kampung KB di seluruh Indonesia.

Hari ini 3 Mei 2023 Perwakilan BKKBN Prop Jatim adakan kunjungan Penilaian Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tk Prop Jatim Tahun 2023 di Kampung KB Mawar, tepatnya di Desa Bedagung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan.

Hadir dalam acara ini perwakilan Forkopimda Magetan, Kepala OPD se lingkup Pemkab Magetan atau yang mewakili, Camat dan Forkopimca Panekan beserta perangkat Desa Bedagung dan adik adik dari PIK R, BKB, Tribina dan yang tergabung dalam Kampung KB Desa Bedagung.

Kepala Perwakilan BKKBN Prop Jatim, Maria Ernawati menyampaikan, program kampung KB memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian di desa.

“Terutama adalah keluarga, dimana keluarga sejahtera, ketahanan dan berkualitas, dengan sudah terbentuknya itu akan terbentuk Kampung Keluarga Berkualitas,” terangnya.

Maria Ernawati menyebutkan, ada 3 kabupaten yang masuk dalam kategori pengembangan kampung KB di tingkat kabupaten antara lain Kabupaten Magetan (Desa Bedagung, Panekan), Kabupaten Trenggalek (Desa Tegeran, Tugu) dan Kabupaten Kediri (Desa Manggis, Puncu).

Bupati Magetan Suprawoto dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih pada tim penilai dari Perwakilan BKKBN Prop Jatim. Tidak hanya Kampung KB Mawar, ia berharap kinerja seperti ini tidak hanya saat penilaian saja namun dapat diimplementasikan sehingga berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

“Tahun 2023 ini Kab Magetan menetapkan 188 Kampung Berkualitas dan sisanya 2 Kampung KB akan di bentuk di tahun 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bedagung Barno mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kesempatan yang di berikan pada Kampung KB Mawar untuk menjadi salah satu nominasi penghargaan kampung KB Tingkat Provinsi.

Program Kampung KB Mawar sangat banyak manfaatnya dan inovasinya seperti peningkatan akses data dan informasi, percepatan penurunan stunting, peningkatan akses dan pelayanan kesehatan, peningkatan akses dan pelayanan pendidikan dan pengembangan ketahanan keluarga.

Salah satu yang domain di Desa Bedagung yaitu Batik Mawar. Dengan pendampingan dari Dinas PPKB PP dan PA Magetan saat ini sudah ada 2 kelompok batik dari kelompok PIK-R dan UPPKA.

“Batik mawar ini sudah mampu menembus pasar Magetan dengan penjulanya lebih dari 750 potong,” Tandas Kades Bedagung.

 

Pos terkait