Buka Bazar Ramadan 1445 H, Bupati Blitar: Wujud Kepedulian Pemkab Blitar Terhadap IKM/UMKM

Beritatrends, Blitar – Bupati Blitar Rini Syarifah membuka secara resmi Bazar Ramadan 1445 H/2024 M, bertempat di Gazebo Aloon-aloon Kanigoro Kabupaten Blitar, Selasa (19/03/2024) siang. Selain pembukaan bazar, juga digelar operasi pasar dan launching penguatan City Branding kabupaten blitar tahun 2024.

Kegiatan dengan mengusung tema ” Berbagi Berkah di Bulan Ramadan untuk mendukung IKM/UMKM/OVOP Kabupaten Blitar” itu juga dihadiri Kapolres Blitar Kota, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Izul Marom, asisten, staf ahli, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Blitar dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rini Syarifah menyampaikan, kegiatan bazar ramadhan dan operasi pasar yang merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Blitar terhadap IKM/UMKM. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Bazar Ramadan ini menggerakkan UMKM dan IKM yang ada di seluruh kecamatan secara langsung.

“Mereka menyediakan kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan harapan dapat meningkatkan dan menggugah rasa kebanggaan masyarakat terhadap produk – produk unggulan Kabupaten Blitar. Sehingga saya minta, kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 19 Maret sampai 27 Maret 2024 ini, agar dipublikasikan secara masif, supaya sukses, membawa peningkatan ekonomi khususnya bagi pelaku IKM/UMKM.” Jelasnya.

Bupati Blitar juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh ASN yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan kegiatan ini.

“Hal ini bukti bahwa panjenengan turut membangkitkan UMKM, bangga menggunakan produk dalam negeri. Untuk itu bagi IKM/UMKM sangat penting terus berbenah supaya bisa berdaya saing, bisa diterima oleh pasar bukan saja pasar lokal namun harus bisa tembus pasar internasional. Apalagi diera serba digital ini, IKM/UMKM bisa menggunakan platform-platform digital untuk menunjang bisnisnya.” katanya.

Baca Juga  Penyerahan SK Pensiun Di Lingkungan RSUD dr, Sayidiman Magetan

Bupati juga berharap, antar IKM/UMKM bisa saling sharing bukan bersaing dan sama-sama bertekad mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun toyibatun warobun ghofur.

Terkait operasi pasar, sambung Bupati Blitar, tidak hanya dilaksanakan pada pembukaan bazar Ramadan ini saja, namun juga akan digelar pada penutupan bazar ramadan. Tujuannya adalah menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok, pengendalian inflasi sekaligus memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat.

Bupati menambahkan, bahwa berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar untuk meningkatkan ekonomi masyarakat salah satunya dengan pengoptimalan sektor wisata. Seperti yang kita tahu bahwa potensi Kabupaten Blitar sangat banyak, ada potensi peternakan, perikanan, pertanian dan juga pariwisata.

“Guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Blitar, ada kalender event yang mana pada hari ini kita launching. Calender Event Tahun 2024 untuk memberikan informasi agenda kepariwisataan yang ada di Kabupaten Blitar selama Tahun 2024, sehingga pelaku usaha dan wisatawan bisa mengetahui lebih dini mengenai event-event yang ada di Kabupaten Blitar.” Pungkasnya.

Pos terkait