Tahun Ini, Dinas PPKBPP-PA Targetkan 235 Desa/Kelurahan di Magetan Jadi Kampung KB

Beritatrends, Magetan – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP-PA) Kabupaten Magetan Jawa Timur menargetkan pada tahun 2024, sebanyak 235 atau seluruh desa di Magetan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Hal ini disampaikan Sekretaris DPPKB PP dan PA Magetan, Miftahuddin, usai menghadiri acara kunjung lapang tim penilai Kampung KB dari provinsi, di Balai Desa Bogoarum, Plaosan, Selasa (19/03/2024).

“Kami menarget semua 235 desa dapat menjadi Kampung KB di tahun 2024,” ujarnya.

Diketahui Kampung KB rintisan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berisi integrasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Diharap ini mampu meningkatkan kualitas masyarakat dan menjawab permasalahan kependudukan yang ada di suatu desa.

Miftahuddin menjelaskan, sejak terbentuk tahun 2016 silam, kini Kabupaten Magetan telah memiliki sebanyak 188 Kampung KB.

Sejalan dengan keinginan mandiri dari Camat atau Kepala Desa yang ingin wilayahnya berstatus Kampung KB, pihaknya juga terus mendorong lewat gelaran pertemuan rutin.

“Kami mendorong melalui pertemuan berjenjang bersama Camat dan Kepala Desa,” tegasnya.

Ditambahkan Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, bahwa jumlah 188 Kampung KB saat ini juga sekaligus berstatus sebagai Desa Mandiri. Adanya Kampung KB menurutnya, memberi dampak secara nyata bagi masyarakat sekitar.

“Tentunya dampak dari Kampung KB telah menjadikan masyarakat lebih produktif dan kreatif sehingga inovasinya dapat tersalurkan,” ujar Hergunadi.

Baca Juga  Bupati Bengkayang : Jalan Sanggau Ledo-Dawar Segera Dikerjakan

Pos terkait