Bupati Blitar Hadiri Rapat Kordinasi Evaluasi Pelaksanaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPT Puskesmas di Kabupaten Blitar

 Rapat Kordinasi Evaluasi Pelaksanaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPT Puskesmas di Kabupaten Blitar

 

 

Beritatrends,BLITAR,- Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Rapat Kordinasi Evaluasi pelaksanaan badan layanan umum Daerah ( BLUD) UPT Puskesmas di Kabupaten Blitar, Senin (25/04/2024) malam.

 

Turut hadir dalam acara Rapat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kepala Bank BRI Cabang Blitar, Sekretaris dan Pejabat Struktural, fungsional di Lingkungan Dinas Kesehatan, Kepala UPT. Puskesmas se-Kabupaten Blitar beserta Tim BLUD Puskesmas dan seluruh undangan.

 

Bupati Blitar Rini Syarifah dalam sambutanya menyampaikan, Hari ini kita semua masih mendapat berkah sehat sehingga bisa bersilaturahmi sekaligus menghadiri kegiatan Evaluasi Pelaksanaan BLUD Puskesmas Di Kabupaten Blitar. Bagi yang muslim, marilah sholawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada nabi besar Muhammad SAW yang syafaatnya kita nantikan hingga yaumil qiyamah.

 

“Dan mengingat bulan ini masih memasuki bulan Syawal maka saya mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin mohon maaf lahir dan batin. Semoga keberkahan dan kebahagiaan selalu dilimpahkan kepada kita semua, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) merupakan sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas/ badan daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan daerah pada umumnya,” kata Rini Syarifah.

Lanjut Rini Syarifah, Dengan adanya pola pengelolaan keuangan BLUD ini maka akan menjadi langkah strategis untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat di Kabupaten Blitar.

 

Bupati Blitar Rini Syarifah bersama peserta Rapat Kordinasi Evaluasi pelaksanaan Badan layanan umum Daerah (BLUD) UPT Puskesmas di Kabupaten Blitar Tahun 2024.(foto)

Dengan menjadi BLUD, Puskesmas memperoleh keleluasaan dalam mengelola keuangan untuk optimalisasi pelayanan, nilai tambah atas status Puskesmas yang menjadi Puskesmas BLUD. Ini artinya ada fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan dimana Puskesmas dapat mengelola langsung pendapatan untuk membiayai kegiatan operasional dan memangkas birokrasi yang terlalu panjang untuk jalannya operasional Puskesmas.

Baca Juga  Pelatihan Bagi Anggota Forkomas

 

“Selain itu dengan menjadi Puskesmas BLUD, maka akan terjadi perubahan mindset yang proaktif sehingga akan meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mengingat dalam memberikan pelayanan, Puskesmas selalu dituntut agar selalu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, bermutu dan terjangkau kepada masyarakat. Sehingga dengan Pengelolaan keuangan BLUD di Puskesmas maka memberikan keleluasaan bagi Puskesmas untuk menerapkan praktek bisnis sehat dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

 

Saat ini perkembangan dunia kesehatan merupakan salah satu potensi yang dapat dimaksimalkan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Retribusi di bidang Pelayanan Kesehatan. Di Kabupaten Blitar telah ada 24 Puskesmas yang telah menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD sejak tahun 2019. Dengan pola keuangan tersebut, telah banyak berdampak positif terhadap pelayanan yang ada di Puskesmas baik dari segi sarana, parasana ataupun sumber daya. Keleluasan penggunaan anggaran BLUD tentunya harus diimbangi dengan ketaatan terhadap peraturan, karena dengan BLUD tidak berarti Puskesmas bisa sesuka hati menggunakan anggaran yang ada, tetapi harus tetap mengikuti peraturan dan regulasi yang telah dibuat.

 

“Untuk itu dalam kesempatan ini saya berpesan khususnya kepada Kepala Puskesmas agar senantiasa memahami regulasi dalam pengelolaan BLUD di Puskesmas masing-masing dan tentunya menjalankan pengawasan serta pengendalian internal terhadap kinerja pelaksanaan BLUD dalam rangka menyelenggarakan Praktek Bisnis Yang Sehat. Dan untuk Puskesmas Suruhwadang yang baru saja diresmikan pada tanggal 5 Maret yang lalu besar harapan saya kedepan segera berproses menjadi Puskesmas BLUD,” imbuh Rini Syarifah.

 

“Pesan kami, kepada para petugas Puskesmas, baik dokter, perawat maupun tenaga kesehatan lainnya, agar terus bersemangat dengan penuh keikhlasan dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Selalu bersikap ramah, tulus dan ikhlas untuk seluruh masyarakat Kabupaten Blitar. InsyaAllah keikhlasan Bapak Ibu semua akan diganti dengan berkah pahala oleh Allah SWT,” pungkas Bupati Blitar Rini Syarifah.

Pos terkait