Bupati Ikfina Hadiri HPN Ke-28 di Sekretariat PWI Mojokerto Raya

Bupati Ikfina Berikan sambutan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Sekretariat PWI Mojokerto Raya

Beritatrends, Mojokerto – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri peringatan ke-38 Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023. Dalam momen memperingati HPN tahun 2023, Bupati Ikfina harap insan pers Bumi Majapahit dapat menjadi kontrol yang positif dan produktif dalam membangun Pemerintahan Kabupaten Mojokerto.

Peringatan HPN yang diselenggarakan Sangat Sederhana di Kantor Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto, JI Pekayon, Kota Mojokerto. Juga turut dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto, Kabag PKP Kabupaten Mojokerto, serta Ketua PWI Mojokerto Sholahudin, Kamis siang (9/2/2023).

“Kita berharap, anda semua menjadi kontrol yang positif dan produktif. Artinya bahwa
kontrol-kontrol yang anda lakukan nanti adalah betul-betul kontrol yang membangun kami dan kemudian secara produktif memberikan kami
penguatan semangat kepada masyarakat,” ungkap Bupati Ikfina.

 

Terkait insan pers menjadi kontrol Pemerintah, Bupati Ikfina mengatakan,kontrol pemerintah dapat berupa suatu kritik atau masukan yang membangun demi kemajuan pemerintahan Kabupaten Mojokerto.

“Panjenengan adalah sebagai kontrol dari kami sebagai pemerintahan, figur-figur yang menjadi bagian dari pemberitaan yang memang masyarakat ini membutuhkan dari anda semuanya. Bentuk kontrol itu berupa kritik, masukan, dan segalanya. Tentunya dalam kinerja kami, kami menginginkan kedepan akan selalu lebih baik, maka kritik itu sangat dibutuhkan,” Tegasnya.

Bupati perempuan pertama di di Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menekankan,
insan pers sendiri, merupakan ujung tombak segala informasi bagi masyarakat. Maka la menilai, insan pers sangat berpengaruh dalam membentuk mindset masyarakat.

“Tentu semuanya adalah jendelanya anda semua, sehingga bagaimana mindset
masyarakat ini akan terbentuk tentunya yang akan bertanggung jawab adalah anda semuanya,”kata Ikfina.

Baca Juga  Pimpinan dan Anggota DPRD Mengucapakan Selamat Hari Jadi ke 22 Kabupaten Rokan Hilir

Selain insan pers sebagai sumber informasi masyarakat, pada peringatan HPN ke-38 dengan mengusung tema ‘Pers Bebas,Demokrasi Bermartabat’. Bupati Ikfina berharap, seluruh insan pers di Bumi Majapahit dapat menjaga independensinya, karena pada tahun 2023 ini, sudah memasuki tahun politik.

Lebih lanjut Bupati Ikfina berharap, para insan pers ini diharapkan betul-betul memaknai bisa menjaga independensinya,kebebasan yang dimiliki untuk tidak diatur oleh pihak manapun dan keberadaan dari pers yang bebas ini akan menjadi bagian dari upaya untuk bisa mewujudkan Demokrasi yang bermartabat, karena ketika pers tidak lagi bebas, kemudian diintervensi oleh pihak-pihak yang memang memanfaatkan keberadaan anda, maka
demokrasi yang bermartabat sulit untuk diwujudkan.

Bupati Ikfina juga menekankan, bahwa Pemkab Mojokerto juga berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan seluruh insan pers di Bumi Majapahit. Salah satunya dengan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan sertifikasi kepada para insan pers,karena Ikfina ingin insan pers di Bumi Majapahit yang profesional dan berkualitas terhadap masyarakat.

“Sehingga kemarin sesuai dengan apa yang kita harapkan Kabupaten Mojokerto melaksanakan itu bersama PWI,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Mojokerto Sholahudin berharap dengan dilaksanakan peringatan HPN ke-38 ini, dapat memberikan yang lebih berharga dengan pemberitaan yang positif baik untuk Kabupaten maupun Kota Mojokerto.

“Karena support dari teman-teman sangat dibutuhkan untuk pemberitaan yang positif, tentunya masukan dan kritikan kepada Ibu Bupati dan jajarannya, sehingga apa yang
menjadi Visi Misi beliau dan harapan kepada masyarakat bisa tersampaikan yang menjadi kinerja dari pemerintah daerah,”ujar Ketua PWI Sholahudin.

Sholahudin, juga meminta dukungan dan partisipasi kepada seluruh jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto dalam melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan peringatan HPN tahun 2023 hingga pada puncak acara pada 4 Maret 2023 nanti.

Pos terkait