Bupati Madiun Resmikan TIC dan Taman Wisata Edukasi Porang

TAMAN EDUKASI PORANG—Bupati Madiun, Ahmad Dawami didampingi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Anang Sulistijono bersama sejumlah kepala OPD dan pejabat dari Perhutani berfoto bersama di depan Taman Edukasi Porang yang berada di kawasan GOR Pangeran Timoer Kabupaten Madiun, Rabu (19/1/2022).

Beritatrends, Madiun – Bupati Madiun, Ahmad Dawami meresmikan Tourism Information Center (TIC) dan Taman Wisata Edukasi Porang di kawasan GOR Pangeran Timoer, Rabu (19/1/2022).

Kehadiran TIC dan Taman Wisata Edukasi Porang diharapkan dapat menjadi pemantik pengembangan kawasan wisata di Kabupaten Madiun. Apalagi kedepan, akan terus dikembangkan paket wisata yang menghubungkan objek wisata di desa-desa.

“Kedepan semua desa yang memiliki tempat wisata akan terkoneksi dengan TIC. Untuk tahap awal yang terkoneksi desa-desa penghasil porang, seperti Sumberbendo, Pajaran hingga Klangon. Karena desa-desa itu sudah dikenal sebagai penghasil porang,” kata pria yang akrab disapa Kaji Mbing.

Khusus untuk taman wisata edukasi porang, kata Kaji Mbing, memilik dua hektare lahan untuk demplot tanaman porang. Sebelumnya lahan itu menganggur kemudian ditanami porang.

Bagi Kaji Mbing, keberadaan Taman Wisata Edukasi Porang memperkuat branding Kabupaten Madiun sebagai daerah penghasil porang. Terlebih Kabupaten Madiun menjadi satu-satunya daerah yang memiliki benih porang bersertifikat, yakni varietas Madiun-1.

Untuk itu bagi warga yang berminat membudidayakan porang dapat langsung datang ke Taman Wisata Edukasi Porang di Kawasan GOR Pangeran Timoer. Di lokasi itu, warga dapat melihat langsung cara petani membudidayakan porang. “Jadi dengan diresmikannya TIC dan taman wisata edukasi ini dapat menjadi sarana belajar bagi siapapun yang membudidayakan porang,” jelas Kaji Mbing.

Kaji Mbing menjelaskan setelah porang menjadi komoditas unggulan nasional banyak petani dari luar daerah datang ke Madiun untuk belajar tentang porang. Tak hanya itu, para petani juga membeli benih porang Madiun-1 untuk dikembangkan di daerah masing-masing.

Agar memudahkan petani dari luar daerah yang ingin belajar porang lalu dibuat TIC dan taman wisata edukasi Porang di Kawasan GOR Pangeran Timoer.

Pemkab Madiun menyiapkan instruktur profesional di bidang pengembangan porang di Taman Wisata Edukasi Porang sehingga pengunjung bisa berkonsultasi terkait pengembangan tanaman porang.

BINCANG—Bupati Madiun, Ahmad Dawami berbincang dengan sejumlah pejabat di ruang TIC Pangeran Timoer usai meresmikan gedung tersebut, Rabu (19/1/2022).

Tak hanya sekedar taman, Pemkab Madiun juga menyiapkan instruktur untuk memberikan materi pembelajaran mengenai bagaimana menanam porang yang bena dan memilih benih yang baik.

Bagi Kaji Mbing, budidaya porang menjadi salah satu upaya Pemkab Madiun melestarikan hutan di bumi kampung pesilat. Untuk itu sebagian besar budidaya porang berada di lahan milik Perhutani.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Madiun, Anang Sulistijono menyatakan keberadaan TIC menjadi sarana penting untuk pengembangan wisata di Kabupaten Madiun. “Kami juga sudah menyiapkan yang bakal membawa wisatawan berkeliling ke desa-desa penghasil porang dan desa wisata,” kata Anang.

Anang menyebut TIC menyiapkan sepuluh mobil Jeep dan belasan sepeda motor trail yang siap melayani wisatawan. Hanya saja untuk tarif paket,masih melakukan penataaan dan pembahasan. (ADV)

Pos terkait