Bupati Madiun Serahkan 245 Bansos Perbaikan RTLH 2022,

SERAHKAN—Bupati Madiun, Ahmad Dawami didampingi Wakil Bupati, Hari Wuryanto menyerahkan simbolis bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022).

Beritatrends, Madiun – Bupati Madiun, Ahmad Dawami menyerahkan bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) tahun anggaran 2022 kepada 245 warga penerima manfaat di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022).

Penyerahan bansos RTLH yang dihadiri Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto itu diikuti langsung 245 warga penerima bantuan, 15 camat dan 49 kepala desa yang warganya menerima bantuan RTLH.

SOSIALISASI-Nara sumber dari  Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun, Polres Madiun dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Madiun memberikan materi sosialisasi teknis pelaksanaan perbaikan RTLH di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022).

Bupati Madiun, Ahmad Dawami dalam sambutannya menyatakan program bantuan RTLH bukan untuk gagah-gagahan bagi Pemkab Madiun. Program itu menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memgatasi persoalan kemiskinan.

“Program RTLH  ini bukan gagah-gagahan dan wah-wahan serta biar terlihat bagus. Program ini kami awasi dalam pelaksanaannya,” kata pria yang akrab disapa Kaji Mbing.

Bagi Kaji Mbing bantuan RTLH menjadi salah satu program unggulan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan yang dirasakan masyarakat. Dengan demikian perencanaan program itu dilakukan secara matang agar tepat sasaran penerimanya.

Tak hanya memberikan tempat hunian yang layak, kata Kaji Mbing, program RTLH dapat membantu menyelesaikan masalah pendidikan.
Ia mencontohkan agar anak-anak belajar optimal maka dibutuhkan kenyamanan. Salah satu bentuk kenyamanan itu adalah rumah yang ditempati harus layak huni dan bersih.

“Kalau tidak nyaman maka anak akan terganggu belajarnya di rumah. Ujungnya  drajat pendidikan dan indeks pembangunan manusia akan turun,” tutur Kaji Mbing.
Selain itu kehadiran program RTLH dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pasalnya warga tinggal di rumah tidak layak maka akan rentan terkena penyakit.

Bahkan program RTLH dapat mencegah warga memiliki anam yang stunting di Kabupaten Madiun. Terlebih tahun 2024, Presiden RI, Joko Widodo menargetkan jumlah kasus stunting di seluruh Indonesia turun hingga 14 persen.

Bupati Kaji Mbing berharap selain mengawasi, camat dan kepala desa turut menggerakan warga lainnya bergotong royong membantu perbaikan rumah yang mendapatkan bantuan program RTLH.

“Kades harus gerakkan warga untuk  kerja bakti membantu warga penerima bantuan RTLH. Hal ini dilakukan agar bisa mengurangi biaya tenaga kerja,” ungkap Kaji Mbing.

Ia mengingatkan agar tidak ada permainan harga bahan bangunan untuk merehab rumah milik warga penerima bantuan.

Untuk memastikan bahan bangunan yang dibeli sesuai pasaran normal, Kaji Mbing akan turun langsung mengecek ke lapangan.

“Tidak boleh ada yang main-main dan tidak boleh ada permainan harga bahan bangunan. Saya akan turun langsung ke lokasi,” demikian Kaji Mbing.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Madiun, Hari Pitoyo menyatakan masin-masin warga penerima bantuan sosial RTLH menerima uang tunai sebesar 15 juta. Bantuan itu digunakan untuk membeli bahan bangunan dan membayar ongkos tukang.

“Total anggaran tahun dari APBD sebanyak Rp 3.675.000.000,” kata Hari.

Target hingga tahun 2022, RTLH tinggal menyisakan 1.340 rumah. Awalnya data RTLH di Kabupaten Madiun sebanyak 9010 rumah.
Usai penyerahan simbolis bansos perbaikan RTLH, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi teknis pelaksanaan perbaikan RTLH dengan menghadirkan nara sumber dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun, Polres Madiun dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Madiun.

[30/6 21.34] Alwi: SERAHKAN—Bupati Madiun, Ahmad Dawami didampingi Wakil Bupati, Hari Wuryanto menyerahkan simbolis bantuan sosial perbaikan rumah tidak layak huni di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022).
[30/6 21.34] Alwi: SOSIALISASI-Nara sumber dari  Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun, Polres Madiun dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Madiun memberikan materi sosialisasi teknis pelaksanaan perbaikan RTLH di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022).

Pos terkait