Bupati Rohil , Lepas Peserta Pawai Obor Malam Taptu

Afrizal Dintong Lepas Peserta Pawai Obor Malam Taptu

Beritatrends, Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si secara resmi melepas peserta pawai obor malam Taptu dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79 tahun 2024 yang dipusatkan di halaman Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Rabu (16/8/2024) malam.

Peserta pawai obor terdiri dari pelajar gugus depan Pramuka Kabupaten Rokan Hilir, TNI, Polri, honorer dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Acara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321/Rohil diwakili Kasdim, Mayor Inf. Kasmir, Kapolsek Bangko Kompol Ihut MT. Sinurat SH. MH, Kasi Pidsus Kejari Rohil Misael Asarya Tambunan, SH. MH, Danyon Brimob Manggala, AKBP J. Firdaus, Danpos TNI-AL Bagansiapiapi, Letda Laut (S) Alfian Hadie, Danpos PM Bagansiapiapi, Letda CPM Zatril, Sekda Rohil, Fauzi Efrizal, para asisten, ketua PKK Sanimar Afrizal, kepala OPD serta berbagai unsur lainnya.

Adapun rute pawai obor dimulai dari depan Kantor BPKAD Merdeka menuju Jalan Perwira, Jalan Riau, Jalan Perdagangan, Jalan Sumatra dan finish kembali ke depan Kantor BPKAD.

Upacara Taptu dan Pawai Obor menjadi salah satu tradisi yang digelar pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Tradisi ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat turut memaknai semangat yang terkandung dalam kemerdekaan, termasuk didalamnya semangat para pejuang.

Pelepasan pawai tersebut dilakukan langsung oleh Bupati dan semua peserta pawai berjalan beriringan sesuai rute yang sudah ditentukan.

Sebelum diberangkatkan, Bupati mengingatkan seluruh peserta pawai obor agar senantiasa berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

“Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 79 tahun 2024 tingkat Kabupaten Rokan Hilir pawai obor secara resmi saya berangkatkan,” kata Bupati.

Baca Juga  Menpan RB Tjahyo Kumolo Resmi Buka Expo HUT APEKSI Ke-22 Tahun

Pada momentum Kemerdekaan RI kali ini tema yang diusung ialah “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema ini dipilih karena bertepatan dengan tiga momen penting bagi bangsa Indonesia yaitu, penyambutan Ibu Kota Nusantara(IKN), momen pergantian kepala negara, dan menuju Indonesia Emas 2045,

Dengan pelaksanaan pawai obor dan malam Taptu ini, Bupati berharap akan terbangun semangat yang menyala dalam diri masyarakat untuk mempertahankan Kemerdekaan RI dengan seluas mungkin.

“Semangat dalam hati harus bisa kita bangun dan dikobarkan kepada orang-orang disekitar kita. Termasuk mengenang bagaimana perjuangan para pejuang dalam merebut Kemerdekaan RI,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *