Cegah dan Tangani Kekerasan di Sekolah, Wali Kota Madiun Bina Kepsek dan Guru SD-SMP

BERIKAN PEMBINAAN- Wali Kota Madiun, Maidi memberikan pembinaan bagi kepala sekolah dan guru SD-SMP di Wisma Haji Kota Madiun, Senin (9/10/2023). Pembinaan itu untuk memberikan penguatan kompetensi guru SD dan SMP dalam mencegah dan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah

Beritatrends, Madiun – Wali Kota Madiun, Maidi memberikan pembinaan bagi kepala sekolah dan guru SD-SMP di Wisma Haji Kota Madiun, Senin (9/10/2023). Pembinaan itu untuk memberikan penguatan kompetensi guru SD dan SMP dalam mencegah dan penanganan kekerasan di lingkungan sekolah.

Pembinaan itu itu disampaikan Wali Kota Madiun, Maidi dalam kegiatan yang digelar DInas Pendidikan Kota Madiun di Wisma Haji Kota Madiun. Tema dalam kegiatan itu adalah pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Selain pejabat Dinas Pendidikan Kota Madiun, acara itu dihadiri 414 kepala sekolah dan guru SD-SMP negeri maupun swasta.

Wali Kota Madiun, Maidi dalam arahannya menyatakan guru memiliki tantangan yang lebih besar terhadap siswa. Tak hanya persoalan memberikan pelajaran, namun bagaimana mendidik anak harus disiplin.

“Tantangan para guru itu tidak hanya sekedar transfer ilmu saja. Tetapi bagaimana memberikan pendidikan disiplin terhadap anak yang berbeda-beda karakter,” kata Maidi.

IKUTI KEGIATAN—Wali Kota Madiun, Maidi bersama kepala sekolah dan ratusan guru SD-SMP se Kota Madiun berfoto bersama usai mengikuti kegiatan penguatan kompetensi guru SD dan SMP dalam rangka pencegahan dan penanganan kekerasan dilingkungan sekolah.

Untuk itu, mantan Sekda Kota Madiun ini menegaskan dalam mendidik dan mengajarkan disiplin siswa guru lebih mengedepankan rasional dan bukan emosional. Selain itu, para guru diminta berpikir terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan.

Dengan pola selalu berpikir dahulu sebelum bertindak, kata Maidi, langkah yang diambil para guru bisa sesuai dan memberikan pengajaran yang tepat bagi anak.

Baca Juga  Derita Penyakit Kelenjar Getah Bening Tahanan Polsek Medan Kota Meninggal Dunia

Tak hanya itu, orang nomer satu di Pemkot Madiun itu mengajak para guru meningkatkan keterampilan dan ilmu pengetahuan. Salah satunya, dengan mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

“Dengan mengikuti jenjang pendidikan lebih tinggi maka guru akan semakin banyak ilmu yang bisa diberikan kepada anak didiknya. Dan tentunya itu akan mendukung Kota Madiun menuju generasi emas 2045,” demikian Maidi.

Pos terkait