Cita-Citanya Memberdayakan Pemuda Tak Tersampaikan, Berhenti Jadi Kades Ajak Para Pemuda Desanya Berternak

  • Whatsapp

Mantan Kepala Desa Petung Rejo ajak pemuda beternak Tawon Klanceng, Kambing dan Ayam

Beritatrends, Magetan – Dalam kaitannya dengan pemberdayaan masyarakat, sebuah istilah yang sudah sangat populer di Indonesia, berhubung bidang yang satu ini sangat erat kaitannya dengan ketidakberdayaan, atau kemiskinan yang merupakan salah satu permasalahan besar dan mendasar di negara kita.

Tentunya orang sudah memahami, terutama yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat, baik agen atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun para aparat pemerintah yang mempunyai tugas dalam bidang ini, bisa juga sekelompok masyarakat membentuk komunitas.

Bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat tidak hanya terkait dengan aspek sosial, tetapi juga terkait dengan aspek ekonomi, aspek budaya, aspek teknis (teknik, pertanian, kehutanan, kesehatan, lingkungan, perindustrian, perdagangan, pertambangan, perikanan dan kelautan) dan lain-lain, sesuai dengan potensi yang dimilik

Arif Muchtar Wahyudi adalah mantan Lurah Petungrejo walau masih banyak warga yang ingin mencalonkanya tapi pihaknya memberikan kesempatan pada beliau yang menginginkan sebagai Kepala Desa. Karena pihaknya sudah 30 tahun mengabdi di Desa Petungrejo

 Tawon Klanceng

Didalam keinginan saya selama menjabat menjadi Kepala Desa  belum tercapai apa yang menjadi cita-cita saya, terutama memberdayakan kepada pemuda-pemuda.

“Akhirnya saya tidak pengin maju lagi walaupun dari masyarakat ada yang menginginkan kembali. Terus ketemu jalur seperti  saat sekarang ini, dengan para remaja kami mengembangkan peternakan kambing Jawa. Alhamdulillah ini sudah bisa dikatakan berhasil, kami sepakat bahwa kami dari modal awal kami bersama dan kami tidak meminta pada instansi pemerintah atau kepada desa. Kami mandiri instilahnya begitu,”papa Arif.

Lanjutnya, Kami ingin menunjukan bahwa banyak dari dulu-dulu bantuan-bantuan dari pemerintah seperti kambing-kambing itu tidak berhasil.

“Kami ingin memperlihatkan kepada mereka bahwa dengan usaha sendiri dengan modal yang apa adanya kita tekuni Alhamdulillah bisa,”terang Arif.

Sementara kelompok kami memelihara  3 jenis Kambing yaitu jenis Prigon, Rosbur dan Kepala Hitam

“Dalam memelihara kambing tersebut konsepnya, tekuni jalani dengan setulus hati cintai, anggap saja hobbi, akhirnya yakin ada suport yakin nanti akan bermanfaat buat kelompok kami khususnya dan umumnya buat orang banyak,”ucapnya.

Selain kambing juga merintis ayam cup, Magetan masih baru dengan ayam Kampung Unggulan Balitbangtan (Kub) kemudian kelompok kami juga berternak madu klanjeng, belum banyak masih di rintis.

“Dari hasil beternak kambing, ayam cup, madu klanjeng, Alhamdulillah sementara untuk kita nikmati sendiri, karena modalnya juga kita sendiri, terus yang lain juga disiskan untuk kelompok, sebab usaha kami ini tidak ada kaitannya dengan Pemerintah dalam arti kita mempunyai jalan hidup sendiri,”pungkas Arif.

Pos terkait