Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Sampang Ke 398 Bupati Sampang Ziarah Makam Leluhur

Bupati bersama Wagub Sampang saat tabur bunga di makam Rato Ebuh Madegan Polagan Sampang

Beritatrends, Sampang – Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 398 Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati (Wabup) H. Abdullah Hidayat dan Forkompimda berziarah ke makam leluhur Rato Ebu di Jalan Mangkubumi, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang Madura, Kamis (23/12/2019).

Setiap tanggal 23 Desember Kabupaten Sampang mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sampang yang ke-398 turut diikuti Forkopimda Kabupaten Sampang, Sekdakab H. Yuliadi Setiawan, Ketua TP PKK Hj. Mimin Slamet Junaidi, Wakil Ketua TP PKK Sampang Hj. Vanny Abdullah Hidayat dan dihadiri oleh Kepala OPD, Camat dan Tokoh Agama serta Masyarakat.

Kehadiran Bupati dan Wabup Sampang di tempat yang sakral itu disambut dengan iringan tabuhan musik hadrah sehingga menambah khidmat acara tersebut.

Dalam pantauan di lapangan pada kesempatan tersebut dilakukan pembacaan sejarah leluhur dari Rato Ebu, Pangeran Trunojoyo, Pangeran Sento Merto, Aji Gunung dan Mantan Gubernur Jawa Timur RP. Moh Noer.

Dalam sambutannya, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan dalam bahasa Madura, bahwa ziarah ke makam leluhur merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 398.

Pihaknya berpesan sebagai generasi penerus harus mengingat dan merevitalisasi momen historis tersebut sebagai pondasi semangat untuk membangun kejayaan Sampang.

“Kami mengajak untuk mencintai dan merawat apa yang diwarisi dari leluhur kita, tugas kita untuk meneruskan cita-cita dan visi mereka untuk memajukan masyarakat serta menjaga jati diri kita sebagai masyarakat Sampang,” terangnya.

Haji Idi menyampaikan bahwa Rato Ebu, Pangeran Santo Merto, Pangeran Trunojoyo, Aji Gunung hingga Raden Pangeran Moh. Noer adalah tokoh-tokoh legendaris yang pantas kita teladani perjuangannya.

“Mari kita jadikan jejak langkah mereka sebagai inspirasi, membangun Kabupaten Sampang dan mewujudkan masyarakat Sampang yang hebat dan bermartabat,” ungkapnya.

Selanjutnya rangkaian Hari Jadi Kabupaten Sampang ke 398 digelar mulai dari Ziarah Makam Leluhur kemudian diakhiri nanti malam dengan malam resepsi nanti di Gedung Indoor jalan Wahed Hasyim.

 

Pos terkait