Dinas PU Kabupaten Madiun Bangun Fasilitas 50 MCK di Desa Cabean, Kades : Warga Tak Mampu Sangat Terbantu

MCK GRATIS—Inilah salah satu fasilitas MCK bantuan dari Dinas PUPR Kabupaten Madiun yang diberikan kepada warga tak mampu atau keluarga yang memiliki anak stunting di Desa Cabean, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. Program pembangunan MCK bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2022.

Beritatrends, Madiun – Kepala Desa Cabean-Madiun, Muhammad Sholeh mengapresiasi program Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun terkait pembangunan 50 unit MCK di wilayahnya.

Pasalnya pembangunan 50 MCK itu sangat membantu warga tak mampu untuk memiliki fasilitas MCK yang layak dan bersih.

“Warga masyarakat kami disini sangat antusias dan terima kasih atas bantuan pembangunan MCK dari Dinas PUPR Kabupaten Madiun. Program itu sangat bermanfaat bagi warga tidak mampu yang selama ini tidak memiliki MCK layak,” kata Sholeh, Selasa (13/12/2022).

Menurut Sholeh, hadirnya program pembangunan MCK itu menjadikan warganya menjadi percaya diri saat menerima tamu yang datang ke rumah. Selama ini warga merasa malu bila kedatangan tamu lalu hendak menumpang buang air kecil hingga buang air besar ke kamar mandi.

“Jadi sekarang warga bisa nguwongke tamu. Kalau ada tamu mereka tak lagi malu untuk menawarkan kamar mandi yang dimilikinya saat ini. Sebelumnya mereka banyak malu ketika tamu hendak menumpang di kamar mandi karena kondisinya tidak layak,” tutur Sholeh.

Sholeh berharap program pembangunan MCK bagi desanya tak hanya tahun ini saja. Warga setempat banyak meminta agar difasilitasi pembangunan MCK oleh pemerintah.

Ia menyebut setidaknya masih ada 25 warga yang membutuhkan bantuan pembangunan MCK. Nama-nama warga yang sudah mendaftar untuk mendapatkan bantuan itu pun sudah dicatat perangkat desa.

“Masih ada sekitar 25 warga yang mengajukan bantuan. Nama-namanya sudah kami catat. Jadi kalau ada program lagi biar tinggal langsung menerima bantuannya,” jelas Sholeh.

Baca Juga  Beri Bantuan Payung Para Pedagang Pasar di Luar Gedung, Sang Pejuang Dhuafa Ingat Masa Kecilnya

Agar mutu pekerjaan pembangunan MCK berkualitas, kata Sholeh, Pemdes Cabean selalu berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Madiun. Salah satu teknisnya, Pemdes Cabean selalu melaporkan perkembangan fisik pembangunan MCK kepada Dinas PUPR Kabupaten Madiun.

Sementara itu Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Madiun, Boby Saktia Putra Lubis menyatakan anggaran pembangunan 50 MCK di Desa Cabean tahun 2022 bersumber dari dana alokasi khusus tahun 2022 sebesar Rp 490 juta.

Kendati demikian, pelaksanaan pekerjaan pembangunan MCK dikerjakan langsung oleh masyarakat setempat. “Jadi untuk pengerjaan pembangunan MCKnya langsung swakelola oleh warga Desa Cabean,” kata Boby.

Dalam program ini, kata Boby, Dinas PUPR Kabupaten Madiun hanya membantu menghibahkan anggaran kepada masyarakat. Sementara pelaksanaan pekerjaan diserahkan kepada masyarakat setempat.

Boby mengatakan sasaran penerima bantuan program MCK gratis diprioritaskan bagi warga tak mampu atau keluarga yang memiliki anak stunting. Harapannya, dengan program tersebut, warga setempat dapat terpenuhi akses MCK yang sehat dan bersih sehingga dapat menekan jumlah kasus stunting di Kabupaten Madiun.

Pos terkait