Dinas PUPR Rehab Berat Kantor Dishub Kabupaten Madiun

AMAN—Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun menjadi aman dan nyaman setelah Dinas PUPR Kabupaten Madiun merehab berat kantor yang berada didekat Terminal Caruban tersebut.

Beritatrends, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun merehab berat gedung kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun yang berada didekat Terminal Caruban di Kelurahan Mejayan, Kecamatan Mejayan. Rehab berat yang dianggarkan tahun 2021 itu bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai HasiL Tembakau senilai Rp 464.552.000

Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun, Johanes Cahyono yang dikonfirmasi Senin (13/12/2021) siang mengatakan rehab berat Kantor Dinas Perhubungan sudah selesai dua bulan lalu. Pekerjaan rehab Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun dilakukan oleh CV Eka Karya Mandiri yang berkantor di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.

“Jadi pekerjaannya sudah selesai awal Oktober 2021 lalu. Setelah rehab selesai kami masuk kantor sekitar 15 Oktober 2021,” ujar Johanes.

Menurut Johanes pasca direhab, tidak ditemukan kebocoran pada atap saat musim hujan. Buktinya selama sebulan musim hujan berlangsung, tidak ditemukan kebocoran dari atap.

“Setelah selesai direhab, tidak ada lagi kebocoran dari atap saat musim hujan,” ungkap Johanes.
Sebelumnya, kata Johanes, saat musim hujan tiba kebocoran atap terjadi diberbagai titik. Tak hanya itu, acapkali sering terjadi mati lampu lantaran kabel yang berada diatap korslet terkena rembesan air hujan.

“Kondisinya saat itu atap bocor dan plafon banyak yang jebol. Selain itu kayu rata-rata banyak dimakan rayap,” kata Johanes.

Johanes mengatakan secara fisik, Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun sudah tergolong tua. Pasalnya saat salah satu menara roboh, terlihat kayu penyangga atap kantor sudah banyak keropos.
Untuk itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun meminta bantuan Dinas PUPR agar segera merehab atap kantor dinasnya. Terlebih kebocoran atap itu menjadikan kenyamanan pelayanan terhadap masyarakat terganggu.

“Jadi rehabnya masuk kategori rehab berat karena sejak berdiri belasan tahun silam sama sekali belum dilakukan perbaikan gedung kantor,” jelas Johanes.

Selain atap, demikian Johanes, plafon kantor juga diganti dan dicat ssemua. Tak hanya itu, jaringan listrik juga diganti semua sehingga tidak terjadi korslet lagi saat musim penghujan tiba.

Ia pun mengapresiasi kinerja Dinas PUPR Kabupaten Madiun yang sudah merehab Kantor Dinas Perhubungan sehingga menjadi nyaman dan aman untuk ditempati. Selain itu, pegawai juga menjadi tidak was-was lagi lantaran seluruh rangka atap diganti semua dengan baja ringan.

Sementara itu Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Madiun, Boby Saktia Putra Lubis, ST mengatakan rehab berat bantunan kantor itu sangat mendesak meningat kondisi atap di Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun sudah mengkhawatirkan. “Sebenarnya sudah tahun kemarin ada permintaan dari dinas perhubungan untuk memperbaiki atapnya. Jadi baru tahun ini terealisasi karena rangka atapnya harus diganti,” kata Boby.

Boby menuturkan rangka atap di Dinas Perhubungan Kabupaten Madiun total diganti dengan baja ringan. Sebelumnya jenis rangka atap Dinas Perhubungan didominasi kayu.

Selain mengganti rangka atap, jelas Boby, pihaknya juga melakukan pengecetan total, plafonisasi dan perbaikan jaringan listrik.

Kami juga lakukan pengecetan total. Selain itu ada beberapa ruang yang belum dikeramik kita keramik. Termasuk instalasi listrik dan plafon. Karena sudah bongkar atap maka plafon dan instalasi listrik harus diganti semua,” demikian Boby.

 

Pos terkait