Dinsos Magetan Beri Ruang Bagi Disabilitas Berkarya, Ada Salon dan Pijat Gratis di Lapangan Candirejo

Para Disabilitas Berkarya, Ada Salon dan Pijat Gratis di Lapangan Candirejo

Beritatrends, Magetan – Dinas Sosial Kabupaten Magetan Jawa Timur memberi ruang bagi para penyandang disabilitas di Magetan untuk berkarya, bertempat di Lapangan Candirejo, Sabtu (09/12/2023).

Acara direncanakan akan berlangsung selama 2 hari hingga Minggu besok.

Rangkaian kegiatan ini dirangkum dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional 2023 dengan tema ‘Bersatu dalam aksi untuk menyelamatkan dan mencapai SDGs, untuk, dengan, dan oleh penyandang disabilitas’.

“Acara ini digelar agar penyandang disabilitas menyalurkan kreativitasnya, karena ternyata mereka punya kelebihan tersendiri,” ujar Kadinsos Magetan, Parminto Budi Utomo.

Berkolaborasi dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) dan komunitas penyandang disabilitas se-Kabupaten Magetan, para peserta unjuk bakat terbaiknya.

Bahkan, Dinsos juga memfasilitasi pelayanan gratis dari penyandang disabilitas seperti layanan cukur, pijat, salon, dan terapi secara gratis.

Termasuk mereka yang memiliki produk UMKM dapat ikut memasarkannya pada bazar yang telah disediakan.

“Supaya masyarakat juga tau bahwa penyandang disabilitas bisa diberi peluang dan memberikan layanan terbaiknya, sehingga tidak menyandang sebelah mata,” imbuh Kadinsos.

Kadinsos berharap, semua elemen masyarakat dapat bahu membahu bersatu dalam penanganan dan pemenuhan hak mereka.

Ia menyebut, penyandang disabilitas di Magetan saat ini berjumlah lebih dari 4.500 orang.

“Kami berharap pemerintah tidak sendiri, makanya kami perlu menggandeng pihak lain agar mampu memberi intervensi yang lebih supaya penyandang disabilitas tidak diabaikan hak-haknya,” harapnya.

Baca Juga  Rencana Pembangunan Monumen Tugu di Juma Jokowi, Ternyata Belum Semulus Jalan Menuju LMD

Pos terkait