DPMPTSP Ingin Magetan Jadi Surganya Investasi

Bupati  Suprawoto : Awasi dan Permudah Izin Usaha, DPMPTSP Ingin Magetan Jadi Surganya Investasi

Beritatrends, Magetan – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magetan, Sunarti Condrowati berharap, Magetan di masa mendatang dapat menjadi surganya investasi.

Salah satu upayanya adalah dengan menggelar ‘Bimtek/Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko’, atau yang biasa disebut OSS-RBA (Online Single Submission Risk Based Approach). bersama pengusaha dan pelaku UMKM, di ruang pertemuan Hotel Bukit Bintang Magetan, Selasa-Kamis (19-21 September 2023).

Dijelaskan Condro, sapaan akrab Sunarti Condrowati, pengawasan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan perizinan usaha berbasis resiko, selain pengawasan secara langsung kepada para pelaku usaha.

“Kami ingin melihat sejauh mana pengusaha setelah mendapat perizinannya, apakah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan atau tidak. Sehingga perlu dilakukan pengawasan oleh Pemerintah Daerah melalui DPMPTSP,” terangnya usai pembukaan bimtek, Selasa (19/09/2023).

Condro mengamini jika realisasi investasi di Magetan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Ini lantaran adanya kemudahan yang diberikan, meskipun juga tak sedikit ditemui kendala di lapangan.

“Terkadang pengusaha belum pro aktif, sehingga masih perlu didampingi untuk pelaporan realisasi investasi di masing-masing perusahaan,” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya mengaku akan terus mendorong kemudahan berinvestasi di Magetan.
Pun jemput bola untuk pelayanan perizinan dan melakukan pengawasan juga dilakukan secara rutin.

“Hari ini kami juga mengundang UMKM, dimana yang belum punya izin akan langsung kita layani,” kata Condro.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Magetan Suprawoto yang hadir sebagai narasumber mengatakan, bahwa pengawasan dan pemberian kemudahan izin usaha merupakan kewajiban pemerintah, terlebih dengan adanya pelayanan publik melalui MPP (Mal Pelayanan Publik) Digital Magetan.

Baca Juga  Hari Adhyaksa ke-62, Ketua DPRD Magetan : Kejaksaan Harus Jadi Pembela Kebenaran

Bupati juga membuka lebar bagi para investor yang ingin menanamkan modal di Magetan. “Silahkan berinvestasi di Magetan dan kemudian bisa mendorong perekonomian disini,” tuturnya.

Pos terkait