Proyek Rumah Sakit Tipe D Panekan Diperkirakan Rampung Tahun 2026

Bupati Suprawoto : Proyek Rumah Sakit Tipe D Panekan Diperkirakan Rampung Tahun 2026

Beritatrends, Magetan – Proyek pembangunan Puskesmas Panekan yang digadang-gadang merupakan rintisan Rumah Sakit (RS) Tipe D, diperkirakan akan rampung pada tahun 2026 mendatang.

Hal ini disampaikan Bupati Magetan Suprawoto sesaat sebelum dimulainya ‘Bimtek/Sosialisasi Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko’, di aula pertemuan Hotel Bukit Bintang Magetan, Selasa (19/09/2023).

“Mengenai masterplan RS Panekan insyallah akan selesai tahun 2026, jadi kita kembangkan jadi RS Tipe D,” ungkapnya.

Bupati menerangkan, pembangunan ini adalah proyek multiyears. Biayanya, memanfaatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

“Dengan biaya ya sekitar RP 50-an milyar, multiyears, dengan menggunakan dana cukai rokok. Jadi karena kita ada perusahan rokok Gudang Garam, sekarang dana cukai sudah lumayan bisa kita gunakan untuk bangun RS,” jelasnya.

Sementara RS Panekan akan beroperasi mulai tahun 2026, Bupati ingin RS dr.Sayidiman yang saat ini berstatus Tipe C dapat segera naik tahta menjadi Tipe B.

Lebih jauh, ia juga berharap kelak Magetan memiliki pusat layanan unggulan dalam penanganan bidang kesehatan tertentu, salah satunya jantung. “Sehingga pelayanan subspesialis bisa dilayani di Magetan,” ujarnya.

Baca Juga  Serbuan Vaksinasi Merdeka Massal Gabungan TNI/Polri di Asahan

Pos terkait