Festival Durian Desa Plangkrongan Magetan, Pamerkan Puluhan Jenis Durian Lokal

Beritatrends, Magetan – Tak hanya punya Durian Saman dan Durian Rawuh, Desa Plangkrongan Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, Jawa Timur juga memiliki berbagai macam jenis buah durian lokal.

Ini terlihat dari Festival Durian yang digelar di halaman Kantor Desa Plangkrongan, Sabtu (24/02/2024). Sejumlah 36 jenis durian pun dipamerkan disana.

Kepala Desa (Kades) Plangkrongan, Wawan Setiyo Budi mengatakan, event ini sengaja diselenggarakan untuk memperkenalkan potensi desa.

“Potensi durian lokal di Plangkrongan sangat besar. Kita punya hampir 3000 buah durian, yang baru berbuah sekitar 700-an,” jelasnya.

Tidak hanya dipamerkan, buah durian dari pemilik pohonnya pun juga dilombakan.

Pemerintah desa setempat turut mendatangkan juri berkompeten dari Universitas Brawijaya Malang dan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Di akhir, durian milik Mbah Simin-lah yang kemudian terpilih menjadi juara pertama, dengan perolehan skor tertinggi usai mendapat penilaian, baik dari segi rasa, warna, hingga ketebalannya.

Selain mendapat apresiasi berupa uang pembinaan dan alat elektronik, Kades Wawan menjelaskan nantinya durian terbaik juga akan dikembangkan.

“Dengan adanya kegiatan semacam ini bisa jadi kebanggan desa dan Magetan. Kami berharap kedepan bisa jadi kegiatan rutinan, sehingga dapat menarik peserta tidak hanya dari Kecamatan Poncol saja tetapi juga terbuka untuk kecamatan lain, bahkan luar kabupaten,” ungkap Wawan.

Baca Juga  Brokohan Usai Kirab Pancasila 2023

Pos terkait