Forum Kolaborasi UM-UNS-UNP dalam Bidang Pendidikan Berbasis Digitalisasi Bertajuk Riset Kolaborasi Indonesia

Tim UM yang mendapat dana RKI adalah tim Kimia dari Prof. Dr. Hayuni Retno Widarti, M.Si. Tim telah berkolaborasi dengan peneliti dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Beritatrends, Sidoarjo – Pendidikan di Indonesia terus berlanjut dalam riset peningkatan mutu pendidikan. Suatu upaya nyata tersebut adalah melalui pendanaan Riset Kolaborasi Indonesia (RKI) tahun 2022.

UM sebagai excellence in learning innovation, turut ikut dalam riset tersebut. Tim UM yang mendapat dana RKI adalah tim Kimia dari Prof. Dr. Hayuni Retno Widarti, M.Si. Tim telah berkolaborasi dengan peneliti dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kegiatan kolaborasi awal adalah studi lapangan mengenai sosial media yang berpotensi dengan pendidikan, terutama mata pelajaran kimia. Kegiatan tersebut berlanjut dalam Forum Group Discussion (FGD). FGD telah diadakan pada 22-23 Juli 2022. Tim dari UM terdiri atas 1 dosen, 8 Mahasiswa, dan 1 guru. Kemudian Tim dari UNS terdiri atas 2 dosen, dan 2 guru. Sedangkan tim dari UNP berpartisipasi secara online dalam FGD tersebut.

Di hari pertama, masing-masing tim memaparkan hasil studi lapangan berupa survei dan analisa media pembelajaran yang berbasis sosial media. Tim telah berbagi hasil temuannya dan analisisnya. Studi lapangan telah mencapai lebih dari 200 responden yang sasarannya adalah pelaku pendidikan di padang, jawa tengah, dan jawa timur. Dari hasil temuannya, riset akan dilanjutkan pada suatu solusi media yang terbaik untuk kegiatan belajar mengajar.

Di hari kedua, tim RKI mendiskusikan tentang tindak lanjut riset yang akan dilaksanakan dala 2 bulan ke depan. hasil diskusi memberikan kesepakatan tentang riset penelitian eksperimen di kelas. Riset tersebut akan dilaksanakan oleh ketiga tim kampus, baik dilaksanakan oleh mahasiswa maupun guru sekolah. Rencananya bulan Oktober akan dilangsung FGD lanjutan.

Baca Juga  Jelang Hari Anak Nasional, Anak TK di Magetan Ikuti Lomba Mewarnai

Pos terkait