Gelar Rakor, Begini Upaya Pemkab Magetan Antisipasi Karhutla

Bupati Magetan : Upaya Pemkab Magetan Antisipasi Karhutla

Beritatrends, Magetan – Akhir-akhir ini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi begitu masif pada beberapa titik di wilayah Kabupaten Magetan. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Magetan menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pengendalian Karhutla, di Pendopo Surya Graha, Rabu (06/09/2023).

“Kita tahu bahwa saat ini sering terjadi kebakaran, walaupun demikian bukan berarti kita tidak bergerak. Rakor ini me-refresh karena di Magetan selalu berulang, musim kemarau terjadi kebakaran, musim penghujan terjadi banjir. Oleh karena itu kita selalu antisipasi,” terangnya.

Bupati Magetan menjelaskan, pemicu kebakaran di wilayahnya terjadi akibat adanya gesekan antara daun jati dan musim kemarau berkepanjangan. Untuk itu, pihaknya meminta agar potensi pencegahan seperti menanam pohon terus digalakkan.

“Menanam pohon dapat mencegah kebakaran sekaligus mencegah banjir, dan untuk mencukupi kebutuhan air. Kami juga terus berusaha membuat embung untuk pertanian sehingga ketika dibutuhkan air selalu ada,” jelasnya.

Tak hanya itu, Bupati juga meminta agar posko Pemadam Kebakaran ditempatkan pada lokasi yang dekat dengan daerah rawan kebakaran. Tepatnya 28 desa yang tersebar di 8 kecamatan se-Magetan.

“Mari bersiap saling koordinasi bagaimana kebakaran di Magetan bisa dicegah, sehingga kita juga perlu kewaspadaan dini setiap saat,” ajak Bupati.

Ditambahkan Waka Administratur Lereng Lawu Wilis (LLW), Yudiono mengaku telah berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan untuk mengadakan sosialisasi di beberapa daerah rawan karhutla.

Perihal antisipasi di wilayah Gunung Lawu, pihaknya menyebut telah menyiapkan pos pemantau dan sekat bakar sebagai penangkal jika kebakaran terjadi secara meluas. Pun tandon air di wilayah pendakian juga telah disediakan.

“Nanti kita juga akan koordinasikan dengan pihak Jawa Tengah barangkali harus menutup secara bersama jalur pendakian ketika kondisi tidak memungkinkan. Kita juga telah menyiapkan satgas inti dan satgas khusus untuk setiap hari mengadakan patroli,” tegasnya.

Baca Juga  Terapkan Zona Integritas, Inspektorat Kabupaten Madiun Berikan Apresiasi Bagi 15 OPD

Pos terkait