Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wali Kota Madiun Raih Dua Penghargaan Bidang Lingkungan 

TERIMA PENGHARGAAN–Wali Kota Madiun Maidi menerima dua penghargaan terkait lingkungan hidup pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Markas Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari, Kabupaten Malang, Senin (4/9/2023).  Penghargaan langsung diserahkan Gubernur Jatim, Khofifah Indarparawansa. 

Beritatrends, Madiun – Wali Kota Madiun Maidi menerima dua penghargaan terkait lingkungan hidup pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Markas Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari, Kabupaten Malang, Senin (4/9/2023).

Dua penghargaan yang diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa kepada Wali Kota Maidi yakni Pembina Program Kampung Iklim Terbaik Provinsi Jawa Timur tahun 2023 dan Penghargaan Green Leadership tahun 2023.

Saat memberikan penghargaan, Gubernur Khofifah menyatakan pentingnya ketahanan pangan berbasis lingkungan dalam menghadapi ancaman krisis pangan global. Untuk itu mantan Menteri Sosial itu meminta kepada seluruh daerah untuk melakukan pola ketahanan pangan berbasis lingkungan.

“Seluruh pihak harus berkolaborasi dalam memanfaatkan potensi lahan yang ada di lingkungan masing-masing, untuk menguatkan ketahanan pangan di setiap wilayah. Bisa berbasis lahan, pot, bahkan rooftop. Yang seluruhnya bertujuan untuk menguatkan ketahanan pangan kita masing-masing,” kata Khofifah.

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan dua penghargaan itu diraih sebagai bentuk konsistensi OPD terkait dalam menjalankan perintah dengan baik.

Selain itu andil masyarakat yang ikhlas mendukung Pemkot Madiun untuk membangun kota berwawasan lingkungan.

“Semua itu tidak akan terwujud tanpa keikhlasan masyarakat dalam menjalankan program,’’ jelas Maidi.

Ia mengatakan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan untuk mewujudkan kota berwawasan lingkungan.

Program itu di antaranya, penanaman tanaman di pusat hingga pinggiran kota. Kemudian, Program Kampung Iklim (Proklim), Adiwiyata, P2L, penanaman pohon untuk bayi yang baru lahir, serta kebijakan tebang 1 pohon diganti 15 bibit baru.

Baca Juga  Atasi Banjir : DLH Rohil Turunkan 60 Petugas

11 Sekolah dan 4 Kelurahan Raih Penghargaan

Selain dua penghargaan, 11 SD-SMP negeri hingga swasta di Kota Madiun mendapatkan penghargaan adiwiyata tingkat Prop Jatim. Tak hanya itu, empat kelurahan juga mendapatkan penghargaan Kelurahan Berseri di tahun 2023 tingkat pratama. Yakni, Kelurahan Kartoharjo, Kelurahan Kelun, Kelurahan Kuncen, dan Kelurahan Nambangan Lor.

Penghargaan itu diraih bagian dari Komitmen Pemkot Madiun menciptakan kawasan berwawasan lingkungan diganjar penghargaan. Terbaru,

Kelurahan Berseri sendiri merupakan program yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam hal pengelolaan lingkungan hidup. ‘Berseri’ sendiri memiliki kepanjangan Bersih, Indah dan Lestari.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam acara puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Jawa Timur tahun 2023 yang digelar di Markas Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad Singosari, Malang, Senin (04/09/2023).

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan saat ini semua negara berlomba untuk mengedepankan konsep kembali ke alam. Negara yang berhasil menerapkan itu menjadi jujukan wisatawan.

“Saya ingin Kota Madiun juga begitu. Kita perkotaan, tetapi menjadi jujukan karena berhasil menerapkan konsep keseimbangan lingkungan,” demikian Maidi.

Pos terkait