Hari Pahlawan 2022 : Musuh Yang Paling Berat Adalah Sesama Anak Bangsa

 

Beritatrends, Magetan – Untuk mengenang jasa para Pahlawan Bangsa, sebagai wujud kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara serta Cinta Tanah Air Indonesia, Kabupaten Magetan melaksanakan Upacara Bendera Peringatan hari Pahlawan yang ke-77 tahun 2022, Kamis (10/11/2022) di alun-alun Magetan.

Upacara berlangsung dengan tema “Pahlawankun Teladanku” dipimpin Komandan Kodim 0804 Letnan Kolonel Inf. Dani Indrajaya, diikuti para pelajar, TNI/Polri, Pol PP, Dishup, PNS dan hadiri Bupati Magetan, Wakil Bupati Magetan, Forkopimda, OPD, Camat serta para tamu undangan.

Komandan Kodim 0804 selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Mentri Sosial RI pada intinya, “Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME yang telah memberi limpahan rahmat dan karunianya sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk dapat melaksanakan Upacara memperingati Hari Pahlawan yang ke-77 Tahun 2022”.

Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara merdeka.

Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyarah pada siapapun juga. Hari ini kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada dihadapan kita.

Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh. Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang.

Untuk itu kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Mengelola sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi, memang tidak mudah tapi bersama pasti bisa. Karena para Pahlawan kita telah memberikan teladan. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikutti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si mengatakan, setiap tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan, substansi pengorbanan para pahlawan tidak mengenal apapun selain untuk kemerdekaan nyawa ditaruhkan, kita tentu berpikir. Kenapa para pahlawan, ada satu yang saya ingat beberapa orang yang pernah mempunyai uang itu adalah 1 bahwa mereka semua tidak ingin anak cucunya menderita seperti yang dirasakan.

“Pengorbanan itu patut kita hargai, bagi generasi generasi yang saat ini telah menikmati kemerdekaan. Musuh yang sangat berat adalah sesama bangsa sendiri, perbedaan kalau dibawa kepada arah perpecahan itulah kerugian yang paling bahaya, oleh sebab itu setiap Tanggal 10 November itu kita memperingati Hari Pahlawan yang sudah berjuang mengorbankan nyawa, kita tinggal mengisinya,”pungkas Bupati Magetan.

Pos terkait