Pengurus Paguyuban Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kabupaten Magetan Dikukuhkan, Ini Tugasnya

Beritatrends, Magetan – Pengurus Paguyuban Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kabupaten Magetan masa bakti 2023-2027 dikukuhkan.

Sebanyak 48 orang yang tergabung dalam paguyuban tersebut secara resmi dikukuhkan langsung oleh perwakilan dari Keraton, KRT. Kintaka Sri Sudarma, Jumat (04/08/2023) malam.

Ia berharap, dengan dikukuhkannya Pengurus Paguyuban Abdi Dalem Ngayogyakarta Hadiningrat di Magetan dapat menjadikan tanggung jawab untuk membawa nama baik Keraton.

Tak hanya itu, diharap juga ada dampak pada bidang pariwisata melalui makin meningkat dan terjaganya tradisi asli Jawa di Magetan.

“Selamat kepada para Abdi Dalem, semoga dapat mengemban amanah dengan baik demi melestarikan kebudayaan Keraton dan menjaga juga nama baik Almarhum Sri Sultan Hamengkubuwono I-IX,” tutur KRT. Kintaka Sri Sudarma.

Adapun tugas dari Paguyuban Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kabupaten Magetan, disampaikan oleh Ketua Paguyuban Mas Wedana Prajeranggowijby (Yok Sujarwadi, S.STP) yakni melestarikan dan menjunjung nilai-nilai budaya adiluhung bangsa yang mengacu pada ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Selain itu juga melaksanakan kegiatan budaya sebagai upaya melestarikan, mengembangkan, dan melakukan pembinaan kebudayaan; membina dan mengembangkan Sumber Daya Manusia Kebudayaan sebagai generasi penerus dalam melestarikan budaya Jawa; dan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan terutama di bidang kebudayaan,” sebutnya.

Baca Juga  Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77

Pos terkait