Hari Raya Idul Qurban, Rutan Magetan Gelar Sholat Ied dan Penyembelihan Hewan

Hari Raya Idul Qurban, Rutan Magetan Gelar Sholat Ied dan Penyembelihan Hewan.

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Minggu (10/07/2022) Keluarga besar Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Magetan meggelar Sholat Ied bersama warga binaan di Lapangan Rutan. Tak hanya melakukan Sholat Ied, Rutan Magetan juga melaksanakan beberapa penyembelihan hewan qurban.

Hari raya sangat identik dengan penyembelihan hewan qurban, dimana Rutan Magetan pada tahun ini mendapat sekitar 6 ekor kambing untuk dilakukan penyembelihan. Keenam ekor kambing dimana 2 merupakan sumbangan dari Pemerintah Kabupaten Magetan, 1 ekor masing-masing dari Kejaksaan, MTSn Turi Panekan, Polres Magetan, serta dari pemborong bahan makanan untuk Rutan Magetan diamanahkan kepada pihak Rutan untuk dikelola dan dibagikan kepada yang membutuhkan.

Rangkaian perayaan Idul Adha 1443 H diawali dengan pelaksanaan sholat Ied. Bapak Trisno, selaku imam dan khotib merupakan pengasuh salah satu Pondok Pesantren di kecamatan Sidorejo, Magetan. Dalam khotbahnya, beliau mengingatkan bahwa dalam perayaan Idul Adha ini jangan dijadikan seremonial saja. Kita harus dapat meneladani kisah dibalik perayaan Idul Qurban yang saat ini masyarakat rayakan.

“Bagaimana kita meneladani ketaatan keluarga Nabi Ibrahim dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Beliau rela meninggalkan segala bentuk kecintaan terhadap dunia, senantiasa sabar dalam setiap cobaan. Alhasil, Allah SWT memberikan keberkahan dalam dirinya, keluarganya, serta keturunannya,” kutip Bapak Trisno.

Kemudian setelah melaksanakan sholat Ied, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Dalam kegiatan kali ini, Karutan Eries Sugianto didampingi oleh Ka KPR Didi Rahmadi menyaksikan prosesi penyembelihan hewan qurban. Prosesi penyembelihan dilaksanakan di lingkungan Rutan bersama dengan warga binaan pemasyarakatan yang menambah semarak rangkaian kegiatan.

Baca Juga  Sidang Terbuka Kelulusan Akhir Seleksi Penerimaan Akpol dan Bintara Polri T.A 2022

Pos terkait