Inovasi KPBU APJ Hantarkan Pemkab Madiun Raih Penghargaan Khusus Dari Menteri PPN/Bappenas

TERIMA PENGHARGAAN—Bupati Madiun, Ahmad Dawami (paling kiri) menerima penghargaan khusus berfoto bersama dengan kepala daerah lainnya yang menerima penghargaan pembangunan daerah dari Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Beritatrends, Madiun-Pemerintah Kabupaten Madiun menerima penghargaan khusus dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) RI di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Pemkab Madiun meraih penghargaan khusus lantaran inovasinya dalam program Pembiayaan Alternatif Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) pada pemasangan alat penerangan jalan (APJ).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa kepada Bupati Madiun, Ahmad Dawami di Jakarta kemarin. Terhadap penghargaan itu, pria yang akrab disapa Kaji Mbing itu menyatakan penghargaan dari Menteri PPN merupakan bentuk motivasi untuk Pemkab Madiun memberikan pelayanan terbaik lagi masyarakat.

“Kami mengharapkan program KPBU APJ dapat menciptakan rasa aman bagi masyarakat Kabupaten Madiun. Dengan keberadaan APJ yang terpasang di 7.458 titik akan menurunkan angka kriminalitas angka kecelakaan dan memunculkan simpul-simpul ekonomi baru,” kata Kaji Mbing.

Menurut Kaji Mbing, program KBPU APJ mendapatkan penghargaan khusus lantaran baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) terkait pemasangan alat penerangan jalan (APJ) yang dijalankan dianggap pelopor inovasi pembiayaan alternatif berbasis KBPU untuk penyediaan infrastruktur.

Selain itu penghargaan merupakan prestasi semua pihak yang telah memberikan dukungan untuk menyukseskan program KBPU APJ.

“Inovasi pembiayaan dengan sekema KPBU merupakan proyek pertama di Indonesia yang berhasil diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun di tahun 2023 ini,” tutur Kaji Mbing.

Kaji Mbing mengatakan sesuai rencana, 7.458 titik lampu penerangan jalan yang dibangun dengan sekema KPBU akan dinyalakan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun pada tanggal 18 Juli 2023.

Baca Juga  Warga Kecamatan Pancur Batu Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Yang Berlubang

Sukses meraih penghargaan khusus dalam program KBPU APJ, Kaji Mbing akan melanjutkan dengan kajian penerapan untuk pembenahan infrastuktur jalan dan masalah sampah di Kabupaten Madiun.

‘’Setelah APJ menyala, kami juga akan pikirkan pemanfaatannya. Kegiatan apa yang bisa kami dan masyarakat bisa lakukan,’’ kata Kaji Mbing.

Sementara itu Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan pemberian penghargaan pembangunan daerah (PPD) dan penghargaan khusus 2023 agar pemerintah pusat mendapatkan satu pengalaman dari daerah terkait inovasi. Selain itu pemerintah pusa juga ingin mendapatkan masukan terkait kebijakan pembangunan yang dikembangkan di daerah berdasarkan skala masing-masing di daerah, skala masalah, skala kapasitas dalam hal pembiayaan, ASN yang tersedia, dan birokrasi.

Pos terkait