Jamin Sehat dan Halal, RPH Magetan Layani Penyembelihan Hewan Kurban Gratis

Beritatrends, Magetan – Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, secara konsisten menyediakan layanan penyembelihan hewan kurban secara gratis setiap tahunnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Magetan, drh. Nur Haryani mengungkapkan, pada Idul Adha 1445 H/2024 M, RPH Magetan akan menyembelih sebanyak 95 ekor sapi.

“Sebanyak 95 ekor sapi akan dipotong dalam tiga hari ke depan, dengan kapasitas pemotongan sekitar 30 ekor per hari,” jelasnya saat melakukan peninjauan, Senin (17/06/2024).

Nur Haryani juga menambahkan bahwa antusiasme masyarakat untuk menyembelih hewan kurban di RPH meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya sekitar 60-70 ekor.

Meski hanya memiliki dua juru sembelih halal (Juleha), RPH Magetan telah tersertifikasi Halal MUI dan menjadi rujukan bagi kota/kabupaten lain.

Kadisnakkan mengatakan, setiap hewan yang masuk ke RPH akan menjalani pemeriksaan ketat, baik sebelum maupun sesudah penyembelihan, untuk memastikan kehalalan daging yang didistribusikan kepada masyarakat.

Setiap proses penyembelihan pun akan diawasi oleh dokter hewan.”Kami menjamin kualitas daging yang baik dan bebas dari kontaminasi limbah perut,” ungkapnya.

Sementara itu, Takmir Masjid Agung Baitussalam Magetan, Nur Hariyadi, merasa sangat terbantu dengan fasilitas ini. Menurutnya, pemotongan di RPH lebih cepat dibandingkan secara manual di masjid.

“RPH sangat membantu. Setelah ini, kami akan melanjutkan proses distribusi ke lingkungan sekitar masjid,” kata Hari.

Baca Juga  Lepas Anggota Cuti Lebaran Gelombang I, Kasiter Kasrem 043/Gatam Ingatkan Faktor Keamanan.

Pos terkait