Kabupaten Magetan Menjadi Percontohan Nasional MPP Digital

Beritatrends, Magetan – Kabupaten Magetan, Jawa Timur berhasil menjadi satu dari 21 Kabupaten/Kota yang menjadi percontohan Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital.

Peluncuran Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital dilaksanakan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur SIpil Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas, Selasa (20/06/2023)

Usai launching MPP Digital, Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan sesuai arahan Wapres, pelayanan melalui MPP Digital ini akan terus ditingkatkan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Magetan menjadi salah satu pilot project MPP Digital, dan MPP Digital ini sangat memudahkan masyarakat dalam pelayanannya,” ucap Bupati Suprawoto.

Kehadiran MPP Digital ini bukan untuk menggantikan MPP yang sudah beroperasi di 120 Kabupaten/Kota. Dengan pengembangan MPP Digital ini diharapkan menjadi pelengkap model penyelenggaraan pelayanan public terintegrasi yang telah ada.

“Apabila nanti ada kendala akan terus kita perbaiki, demikian juga jenis layanan akan terus diperluas, dan saat ini MPP Digital di Kabupaten Magetan melayani izin nakes dan adminduk,” imbuhnya.

Dengan perkembangan digitalisasi tentunya harus diikuti, Program MPP Digital harus terintegrasi dengan pelayanan lain, sehingga bisa memudahkan masyarakat dan murah penggunaannya.

Disisi lain, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengungkapkan Mal Pelayanan Publik Digital ini nantinya akan lebih mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan publik yang ada.

“MPP Digital ini telah dilengkapi dengan proses registrasi akun yang lebih mudah melalui pemanfaatan Face Recognition (FR) yang terintegrasi langsung dengan database dari Kementerian Dalam Negeri, sehingga diharapkan dapat meningkatkan sisi keamanan dalam aplikasi,” ujar Abdullah Azwar Anas.

Ia meminta kepada Kabupaten/Kota yang menjadi percontohan dalam MPP Digital ini untuk terus mengawal dan meningkatkan program, karena kalau tidak dijaga bisa digantikan oleh daerah lain.

Baca Juga  Diburu Polsek Gedung Aji Dua Pelaku Asusila Terhadap Pelajar Menyerahkan Diri

Pos terkait