Kapolres Ponorogo Pimpin Release Tahunan Terkait Situasi Kamtibmas Dan Capaian Kinerja

Foto : Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo didampingi Wakapolres, Kasat Lantas dan Kasat Reskrim pimpin realease tahunan

Beritatrends, Ponorogo – Polres Ponorogo menggelar release akhir tahun terkait situasi Kamtibmas dan juga capaian kinerja dan bertempat di aula Mapolres setempat, Kamis (30/12).

Dalam kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo didampingi Wakapolres Kompol Meiridiani, Kasat Lantas AKP Ayip Rizal, Kasat Reskrim AKP Jeifison Sitorus.

Kapolres Ponorogo AKBP Catur C. Wibowo menyampaikan bahwa, ini merupakan giat tahunan yang dilaksanakan Polres Ponorogo tentang pelaksanaan upaya Polri secara Preemtif dan Preventif .

“Dari Data Satreskrim Polres Ponorogo, di tahun 2021 mengalami penurunan jumlah kasus/laporan masuk dari 246 di tahun 2020 menjadi 190 kasus mengalami trend penurunan 23%, yang mana didominasi kasus perjudian, penipuan dan curat. Untuk jumlah penyelesaian kasus di tahun ini sudah mencapai 188 kasus sehingga hampir 100% kasus laporan masuk sudah diselesaikan. Alhamdulillah kita terus bergerak cepat dalam penanganan kasus kriminal yang masuk, ini juga merupakan upaya kita dalam pengaplikasian Program Presisi Kapolri yang salah satunya peningkatan kinerja penegak hukum, “kata AKBP Catur C. Wibowo.

AKBP Catur C. Wibowo menambahkan, perlu diketahui, Satreskrim juga berhasil ungkap kasus tindak pidana Korupsi Pengadaan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dengan kerugian negara atas kasus tersebut mencapai Rp 4,3 miliar.

“Selain data kriminalitas, Polres Ponorogo juga mengungkap data terkait pelanggaran kasus peredaran/penyalahgunaan Narkotika di wilayah Kabupaten Ponorogo. Dari Data yang diperoleh dari Satreskoba ditahun 2021 ini mengalami penurunan disemua kasus narkotika namun tidak dengan barang buktinya. Kasusnya mengalami penurunan namun kita menyita barang bukti seperti halnya sabu ini mengalami kenaikan, yaitu 60,16 gram di banding tahun 2020 menyita 23,4 gram, kita juga menyita Ganja sebanyak 41,2 gram ditahun ini, “imbuh Kapolres Ponorogo.

Baca Juga  Satlantas Polres Ponorogo Berhasil Ungkap Kasus Tabrak Lari

Kapolres Ponorogo juga menjelaskan untuk data Satlantas Polres Ponorogo, dapat dilihat bahwa kejadian Laka Lantas mengalami penurunan dari tahun 2020, dari 643 kasus menjadi 565 kasus, selain penurunan dalam jumlah kejadian, korban meninggal dunia (MD) dari Laka Lantas juga mengalami penurunan yang cukup banyak.

“Ini berkat upaya anggota Opsnal Sat Lantas yang terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, kita juga sering masuk ke sekolah guna memberikan himbauan kepada siswa-siswi agar tidak berkendara sendiri sebelum mempunyai SIM, “paparnya.

Lebih lanjut Kapolres Ponorogo mengatakan bahwa dari semua data Kamtibmas Polres Ponorogo banyak mengalami penurunan berbagai kasus, upaya Polres dalam menekan gangguan kamtibmas juga tak terlepas dari peran stakeholder terkait.

“Penurunan kasus ini tak lepas dari peran masyarakat, media dan juga kerja sama antar Inkait yang saling kita eratkan, mari kita jaga situasi Kamtibmas agar selalu Kondusif sehingga kita bisa merasakan kenyamanan dalam beraktivitas, “pungkasnya. Ku

Pos terkait