Kelompok Seni Budaya Kuda Lumping TCM(Turonggo Cipto Manunggal)Gelar Pentas Pertunjukan

Beritatrends, Pringsewu – TCM (Turonggo Cipto Manunggal)Kelompok seni budaya kuda lumping gelar pertunjukan di lapangan bola Pekon Panggungrejo Kecamatan Sukoharjo,Minggu(6/3/2022).

Media ini mendatangi Lapangan Bola Pekon Panggungrejo terlihat antusias masyarakat menyaksikan pertunjukan Kuda lumping atau Jaran Kepang.

Saat di temui media ini Ketua TCM Kabupaten Pringsewu Haryadi mengatakan “ini adalah pertunjukan perdana di sini dimana TCM memiliki khususnya di Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Adiluwih ada sekitar 35 grup jaran kepang,setiap bulan kita akan keliling gelar pentas pertunjukan di pekon pekon,ini budaya harus dilesatrikan.ia menambahkan ada pesan tuntunan di pagelaran jaran kepang ini selain tontonan saja,” ujarnya.

Sementara itu Adi sudarto/Pak jepang warga Pekon Pandansari mengatakan “grup jarankepang hari ini adalah miliknya semoga ini bisa menjadi pertunjukan dan juga edukasi untuk anak muda sebagai budaya yang harus di lestarikan,ini juga bisa menambah imun masyarakat dalam.menghadapi pandemi ini,ekonomi masyarakat bisa terbantu terlihat segala jenis makanan dan minuman ringan ada di jual di sekitar lapangan ini,” ujar Adi sudarto sekaligus pengurus TCM Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu.

TCM merupakan organisasi baru di Kabupaten Pringsewu terapi ini tempat wadahnya Budaya baik kuda Kepang atau jaranan atau seni budaya lainnya,telah memiliki pengurus di sembilan Kecamatan.

Baca Juga  Sang Pejuang Dhuafa Ingin Perjuangkan Nasib Anak Yatim dan Dhuafa

Pos terkait