KIP Foundation, Sebagai Pelaksana Program Penguatan Desa Wisata Jawa Timur

Penampakan di area dalam desa Wisata Poetoek Soeko Desa Sukosari Makmur Kec Trawas-Mojokerto

Beritatrends,Mojokerto-Jambore BUMDesa di Desa Sukosari Kecantan Trawas,Kabupaten Mojokerto,ada dua kegiatan besar ,disamping inovasi Jambore desa wisata se-jawa timur yang dihadiri Bumdes terbaik se- Jawa Timur,yang kedua kegiatan festival wisata desa,merupakan kegiatan yang meliputi peresmian zona KIP.Zona KIP ini adalah adalah Zona kreatif,inovatif,prodoktif.

Kegiatan ini, didukung oleh pemerintah Provinsi jawa timur dan didukung juga oleh Sampurna untuk Indonesia.

Dwi Ari Kusuma selaku Direktur KIP Foundation pelaksana program penguatan desa wisata Jawa Timur mengatakan, Zona KIP ini memberikan bantuan wisata dari Pemprov dan Samporna,yang di berikan kepada 6 desa wisata se jawa timur.Dua tahun terakhir sudah terlaksana beberapa kabupaten di Jawa Timur. di desa wisata Poetoek Soeko ini merupakan desa wisata yang pertama di Lounching Zona KIP .

“Jadi di tahun 2022 ini ada 6 desa wisata yang di launching, 6 Desa Wisata tersebut yaitu,Desa wisata Poetoek Soeko Kabupaten Mojokerto kemudian ada dikabupaten Madiun,Kab. Pacitan, Kabupaten Blitar Kabupaten Sampang dan Kabupaten Nganjuk. jadi 6 desa wisata yang merupakan binaan dari tim klinik Bumdes Provinsi Jawa Timur,dengan dukungan dari Sampurna untuk Indonesia.”kata Ari,Jum’at(24/06).

Lebih lanjut Ari menjelaskan,bahwa kegiatan tim klinik Bum desa ini ,program yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Timur, baru berjalan selama 3 tahun, ada beberapa kegiatan pertama kegiatan pelatihan kedua pendampingan dan penyaluran prodak bantuan.

Pelatihan dan pendampingan itu sudah hampir 340 desa wisata se-Jawa Timur.Prodak bantuan yang disalurkan melalui tim klinik Bum desa dan didukung Sampurna ini, baru 12 desa wisata yang ada di Jawa Timur.

“Inisiasi penguatan program desa wisata Ini dari Ibu Gubernur Jawa Timur untuk pemulian ekonomi Nasional Paska Pandemi.”Jelasnya.

Baca Juga  Disnakkan Magetan Gelar Lomba Masak Berbahan Daging

Masih kata Ari,dalam rangka pembinaan dan pendampingan untuk penguatan ekonomi yang lagi turun,maka Gubernur Khofifah mendorong pertumbuhan ekonomi dan gerakan ekonomi dari tingkatan Desa.

“Penguatan usaha lainnya juga ada, tapi kami dari tim klinik Bum desa itu fokus pada pengembangan dan penguatan desa wisata,”pungkasnya

Kegiatan Jambore Wisata di Poetoek Soeko desa Sokosari Makmur Kec Trawas Kabupaten Mojokerto ini, diikuti 6 desa wisata terbaik di Jawa Timur.Tujuh desa wisata tersebut antara lain,Desa wisata Tabak Rejo Blitar,Desa Wisata Lon Malang,Desa Wisata Plaza Bukit Surga Kab.Nganjuk,Desa Wisata Pantai Griyoboyo Kab.Pacitan dan Desa Wisata Watu Rumpuk Kab Madiun.

Pos terkait