KKP Pilih Desa Sumber Dodol Jadi Pilot Project Budidaya Ikan

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka memperingati hari ikan nasional ke-9, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar sejumlah kegiatan di Desa Sumberdodol, Kabupaten Magetan.

Kepala Badan Riset SDM Kementrian Kelautan dan Perikanan, Bambang Suprakto mengatakan, Desa Sumberdodol Magetan memiliki sumber daya air yang berkualitas dan melimpah sehingga berpotensi dikembangkan menjadi desa percontohan pengembangan ikan air tawar.

“Beberapa komoditas perikanan bisa dibudidayakan disini, yang bernilai ekonomis tinggi di sini yaitu ikan hias koi,” ujarnya usai menebar benih ikan di sumber air Desa Sumberdodol, Sabtu (03/12/2022).

Ia menambahkan, dengan memanfaatkan teknologi micro bubble, warga bisa menebar benih lebih banyak karena ikan bisa tumbuh lebih cepat meski berada di lokasi yang sempit. Teknologi tersebut sangat mendukung geografis Desa Sumberdodol yang berada di kaki Gunung Lawu.

“Dengan micro bubble, warga bisa membudidayakan ikan di lahan sempit karena mampu menampung bibit lebih banyak meski lahannya terbatas,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto menyampaikan, setelah bekerja sama dengan poltek KKP di Sidoarjo Desa Sumberdodol berhasil mengembangkan diri menjadi desa yang memiliki potensi perikanan air tawar.

Sumber daya air yang melimpah dulunya belum dimaksimalkan mengingat belum adanya transformasi ilmu perikanan.

“Bekerja sama dengan poltek KKP kita harap Desa Sumberdodol mejadi pilot project atau pengembangan budidaya perikanan air tawar untuk meningkatkan pendapatan warga dengan memanfaatkan sumber air disini,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan, Nur Haryani menjelaskan, dilakukan seperti penebaran benih ikan di sejumlah sumber mata air, menggalakkan kegiatan gemar makan ikan, bazar UMKM dan kegiatan sosial bantuan 1 ton ikan untuk Panti Asuhan Al-Hayat Magetan.

Desa Sumberdodol, menurut Nur Haryani juga akan dikembangkan sebagai edu wisata untuk pengembangan ikan air tawar.

Baca Juga  Jelang Dimulainya Pekerjaan PJDTS, Jajaran Direksi dan Managemen PT MRP Berbenah

“Di peringatan hari ikan nasional ke 9 kita sudah melakukan kegiatan sejak 17 November kemarin dengan menebar benih ikan di 7 sumber. Di Desa Sumberdodol juga akan menjadi titik kunjung wisata perikanan,” terangnya.

Pos terkait