Kunjungan Kerja Menko PMK ke Rumah Kasih Sayang Desa Krebet

Beritatrends, Ponorogo – Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi Ponorogo bersama Bupati Sugiri Sancoko, Muhadjir sempat mendatangi beberapa rumah keluarga miskin, stunting, dan disabilitas di Desa Krebet Kecamatan Jambon (Senin/04/04/2022).

Selaku Kepala Lembaga Kesejahteraan Sosial(LKS) Rumah Kasih Sayang, Jaenuri bersyukur bisa bertemu Menko PMK bisa hadir di rumah kasih sayang bersama Forkompika Kecamatan dan bersama Staf Desa menyambut kedatangan menko PMK di Desa Krebet Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo, saya mendirikan rumah kasih sayang sudah sejak taun 2011 dulu ada di Bulu Pakis sekarang di pindah ke Desa Krebet.

Setelah di pindah di sini warga binaan lebih enjoy dan nyaman, untuk stabilitas mampu latih kita berdayakan berbagai kerajinan sejak awal kita latih, yang tidak mampu latih kita kunjungi ke rumah-rumah Home care, bagi disabilitas yang mampu kita latih membuat kerajinan tas, aksesoris, dan batik tulis, ujar Jaenuri.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengatakan di tahun 2022 ini sudah ada dana penyerapan 10 jt pertahun untuk mendeteksi kemiskinan di setiap RT dan kami ingin konsolidasi dengan data yang update setiap hari untuk membuat data DTKS agar semua masyarakat per RT bisa mendapatkan batuan sosial.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan bahwa dari Hasil tinjauan di Desa Krebet ini, ternyata tingkat penyandang disabilitas atau retardasi mental (keterbelakangan mental) cukup tinggi, ada sebanyak 85 orang yang mengalami retardasi mental, dan proses penyebabnya salah satunya karena perkawinan inses atau Menikahi masih ada garis keturunan atau tetangganya.

Dengan adanya layanan sosial dengan mengajarkan ketrampilan, membuat warga yang disabilitas ini bisa produktif. Mereka diangkat derajatnya didorong untuk mandiri dan setidaknya bisa setara dengan warga yang normal ungkap Menko PMk Muhadjir Effendy. Dan dari Pemda juga ada bantuan 10 ribu per orang setiap hari.

Dalam kunjungannya ke Ponorogo tersebut Menko PMK RI, Muhadjir Effendy yang didampingi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, dan jajaran Forkopimda Ponorogo, juga memberikan bingkisan sembako kepada keluarga miskin di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Ponorogo.

Pos terkait