Kurasi Produk, Bantu Fasilitasi Pemasaran UMKM

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Magetan, Sukartini, S.Sos.

Beritatrends, Magetan – Apabila menilik lebih dalam acara “Festival Kepang Si Emak”, terdapat rangkaian acara berupa kurasi produk bagi UMKM Magetan. Adanya kurasi produk tersebut bertujuan untuk melakukan seleksi produk agar dapat dimitrakan dengan Pusat Oleh-Oleh Hamzah Batik Yogyakarta, sebagai tim penilainya.

Adapun para peserta berasal dari para pelaku usaha mikro Magetan, yang dalam hal ini harus memenuhi syarat, yakni memiliki NIB (Perijinan Usaha Mikro). Selain itu, untuk produk makanan, kemasan harus menarik, memiliki PIRT dan Halal, memiliki masa kadaluarsa, dan netto/berat produk. Sedangkan untuk kategori non makanan, produk harus menarik, bisa berupa kerajinan/craft, maupun batik.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Magetan, Sukartini, S.Sos., sebelumnya kurasi produk UMKM telah dilakukan pada bulan November lalu, dengan total sebanyak 46 produk dinyatakan lolos kurasi. “Alhamdulillah banyak produk UMKM yang lolos. Ini sudah berjalan untuk mengirim kesana,” ungkapnya.

Adanya kurasi produk ini merupakan bentuk fasilitasi dari Dinkopum Magetan kaitannya dengan pemasaran UMKM. “Maka dari itu harapan bagi produk UMKM yang belum ikut kurasi kemarin, dapat ikut pada acara festival, sehingga yang lolos kurasi dapat bertambah. Sehingga harapannya produk dapat naik kelas,” kata Sukartini.

Sebagai informasi, bahwa selain kurasi dengan Hamzah Batik, Dinkopum Magetan juga telah melakukan kurasi dengan total sebanyak 26 produk di Indomaret dan 17 produk di Alfamart.

Pos terkait