Lewat KKN, Mahasiswa Unesa Kembangkan Potensi Wisata Desa Sumberdodol

Bupati Suprawoto saat membuka acara ‘Akselerasi Pemberdayaan Masyarakat’ di Desa Sumberdodol, Panekan

Beritatrends, Magetan – Sebagai salah satu representasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat, 15 mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 13 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengembangkan potensi wisata Desa Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan.

Pengembangan ini dikemas melalui ‘Akselerasi Pemberdayaan Masyarakat’, bekerja sama dengan Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BBPPM) Yogyakarta, yang digelar di Balai Desa Sumberdodol, Rabu (07/06/2023).

Kepala Seksi (Kasi) KKN Unesa, Tutur Jatmiko menyebut, melalui program kerja ‘Proyek Desa’, para mahasiswa akan memberikan pendampingan, pelatihan, maupun penyuluhan kepada para pelaku usaha yang berkaitan dengan wisata.

“Jadi selain mengembangkan wisata desa, bisa sekaligus mengembangkan kewirausahaan seperti Bumdes dan UMKM, dengan harapan ekonomi masyarakat dapat meningkat,” jelasnya.

Ia menjelaskan, produk akhir dari pengembangan ini adalah dalam bentuk konten untuk pemasaran.

“Karena yang dikenalkan saat ini ekonomi kreatif dan ekonomi digital, jadi mahasiswa akan mempromosikan wisata secara digital melalui media sosial sebagai lahan promosinya,” terang Tutur.

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto yang hadir untuk membuka acara, memberikan apresiasi atas upaya dari mahasiswa Unesa kaitannya dengan pengembangan Magetan, khususnya Desa Sumberdodol.

Menurutnya, dengan adanya pemasaran wisata Sumberdodol, maka potensi desa akan menjadi lebih nampak di mata masyarakat luar.

“Mereka pasti juga punya relasi sehingga potensi ini akan makin menyebar. KKN ini juga penting untuk sama-sama transfer pengetahuan juga pengalaman antara mahasiswa dan masyarakat desa,” ujar Bupati.

Baca Juga  Kapolsek Sukorejo Sapa Dan Main Bola Bersama Pelajar

Pos terkait