Lomba HKG-PKK Tingkat Kabupaten, Tim Penilai Lakukan Kunjung Lapang di 18 Desa

Beritatrends, Magetan – Sejak beberapa bulan yang lalu, TP PKK Kabupaten Magetan Jawa Timur telah menggelar lomba HKG-PKK (Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) tingkat kabupaten.

Hingga kini, tim penilai pun terus melaksanakan kunjung lapang di 18 desa yang menjadi perwakilan tiap kecamatan.

Seperti yang terlihat saat mengunjungi Desa Terung yang menjadi perwakilan dari Kecamatan Panekan, Rabu (06/03/2024).

Wakil Ketua 2 TP PKK Magetan, Yuni Eko Muryanto menjelaskan, kunjung lapang dilakukan dengan mengunjungi empat Sekretariat Kelompok Kerja (Pokja) di masing-masing desa.

“Lomba ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, tata administrasi, tata keuangan, dan pengawasan PKK di tingkat desa,” jelasnya.

Selain memastikan kesiapan administrasi dan pelaksanaan program, menurut Yuni, peran dari kepala desa/kelurahan juga masuk dalam kriteria penilaian.

“Peranan dari Kades terhadap tim PKK juga penting untuk untuk melihat seberapa jauh sinerginya, karena porsi penggerak PKK 40% untuk kegiatan tim monev, lalu 60% lomba dari desa,” ungkapnya.

Untuk saat ini diketahui Tim Penilai baru menyelesaikan kunjung lapang pada sebanyak 12 kecamatan di Magetan.

Kegiatan ini ditargetkan rampung sebelum lebaran atau Hari Raya Idul Fitri mendatang. Nantinya, juara terpilih juga akan menjadi wakil Kabupaten Magetan dalam lomba HKG-PKK tingkat provinsi.

Baca Juga  Penyandang Disabilitas di Magetan Terima Bantuan Kaki Palsu Dari CSR VMK

Pos terkait