Maksimalkan Hasil “SAE” Pertanian Lapas Tanjungbalai, Kalapas Pastikan Genjot Peningkatan Hasil Panen

 HASIL “SAE” PERTANIAN LAPAS TANJUNGBALAI

Beritatrends, Tanjungbalai –  Lapas Tanjungbalai Asahan terus berinovasi dalam pengembangan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) baik bidang teknik,keterampilan, peternakan sampai pertainan¬. Ini ditujukan sebagai langkah pembinaan warga binaan Lapas Tanjungbalai untuk menjadikan pribadi yang lebih produktif dan memiliki daya saing yang seimbang dengan Masyarakat luas, sehingga setelah bebas dapat menjalani hidup yang mandiri dan lebih baik.

Bentuk kegiatan ini tentunya tidak lepas dari pantauan dan perhatian khusus dari Kalapas Tanjungbalai Asahan, Sangapta Surbakti. Secara berkala beliau terus aktif memantau segala bentuk kegiatan dan proses SAE berjalan. Tak jarang ia pun turut langsung ke lapangan guna memastikan seluruhnya berjalan lancar dan baik.

Ada beberapa yang menjadi komoditas utama SAE pertanian yang terbagi menjadi 2 yaitu pertanian jangka pendek dan jangka Panjang. Dilihat dari jenisnya tentu yang menjadi pembeda adalah waktu panen, jangka pendek dengan waktu panen tercepat dan jangka panjang dengan waktu panen secara berkala.

SAE pertanian jangka pendek antara lain seperti sayur-mayur baik yang ditanaman ditanah maupun proses hidroponik. Sedangkan untuk SAE pertaninan jangka panjang antara lain seperti pisang, serai dan beberapa jenis ternak ikan seperti ikan lele, nila, dan patin. Untuk terus menggalakkan SAE Lapas Tanjungbalai Asahan, melalui Humas Lapas Tanjungbalai Asahan, Kalapas Sangapta Surbakti menyampaikan akan terus menggenjot hasil panen dengan terus memperhatikan proses dan prospek pengelolaan. Selasa, (04/06/2024).

“Dengan memanfaatkan potensi yang ada, untuk kemajuan skill daripada wargabinaan. Kami akan terus pantau segala kegiatan, dengan demikian kami pastikan genjot peningkatan hasil panen SAE Lapas Tanjungbalai Asahan”. Ujar Kalapas, Sangapta Surbakti.

Pemanfaatan lahan lebih kurang 5 Ha sebagai media kegiatan SAE, ini juga merupakan bentuk dukungan kepada negara dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Dimana hasil SAE pasti sampai kepada seluruh element Masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok pangan. Selain itu, hasil daripada SAE Lapas Tanjungbalai Asahan juga turut disetor ke negara dalam bentuk penerimaan negara bukan pajak (PNBP) secara berkala.

Baca Juga  Lepas Anggota Cuti Lebaran Gelombang I, Kasiter Kasrem 043/Gatam Ingatkan Faktor Keamanan.

Pos terkait