Masyarakat Dusun Banyumas Desa Caringin Asri Berharap Pembangunan Jembatan Segera Terwujud

Desa Caringin Asri Berharap Pembangunan Jembatan Segera Terwujud

Beritatrends, Pesawaran Lampung — Masyarakat dusun Banyumas, Desa Ceringin Asri, Kecamatan Wayratai sangat berharap pembangunan jembatan penghubung sejak puluhan tahun silam.

Sebelumnya, pada tahun 2018 hingga 2019 pondasi jembatan telah dibangun oleh pemerintah desa setempat dengan menelan biaya kurang lebih Rp300 juta selama dua tahap. Pembangunan jembatan itu diperkirakan menelan total anggaran mencapai Rp700 juta yang bersumber dari Dana Desa.

Dikatakan, Budiyono, warga dusun setempat menjelaskan, jembatan sepanjang kurang lebih sepuluh meter itu menjadi satu satunya akses penghubung yang nantinya dapat dilalui kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil pertanian.

“Puluhan tahun masyarakat sini bertaruh nyawa menyebrangi sungai yang memisahkan dusun sini dan. Sebab di sini juga ada fasilitas tempat pemakaman umum, yang digunakan masyarakat, selain itu juga anak-anak sekolah dari dusun sini harus menyebrang sungai untuk sekolah,” katanya saat dijumpai wartawan, Rabu (8/6/22).

Dia menambahkan, setidaknya terdapat 35 kepala keluarga yang mendiami wilayah setempat yang harus menyeberang sungai untuk mengangkut hasil pertanian berupa biji kakao, kopi serta peternakan kambing dan sapi.

“Memang kalo untuk akses kendaraan motor bisa melalui jembatan gantung yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Tapi untuk mobil yang mengangkut hasil pertanian harus menyeberangi sungai, dan sangat terkendala saat air sungai meluap ” ujarnya

Selain itu imbuh dia, jika kondisi air sungai sedang pasang, hasil pertanian harus diangkut menggunakan motor dan menambah jarak tempuh. Terlebih, saat kondisi darurat masyarakat harus berobat ke fasilitas kesehatan, armada ambulan tidak dapat masuk ke lokasi.

Terpisah, Kades Ceringin Asri, Pradipto mengatakan pihaknya tetap berkomitmen meneruskan pembangunan jembatan tersebut, meski belum bisa di lakukan di tahun ini.

Baca Juga  Walikota Blitar, Hadiri Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD Kota Blitar Atas LKPJ Tahun 2023

“Ya kami sudah mendengar aspirasi warga dusun Banyumas, yang memang terisolir, dan kami berkomitmen tahun depan akan masuk dalam rencana pembangunan,” ujarnya.

Namun, lanjut Pradipto ada tiga prioritas pembangunan jembatan, antara lain: jembatan Dusun Banyumas 2 RT 01 ke RT 02, Dusun Banyumas 2 RT 02 ke pemakaman umum derta dusun Tangkil Desa sumber jaya ke dusun Banyumas 1 Ceringin Asri.

Pos terkait