Melalui Gerakan Tanam Cabai di HKG-PKK ke 52, Walikota Blitar Berharap Masyarakat Bisa Manfaatkan Lahan yang Ada

Beritatrends, Blitar –Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke 52 Tahun, Wali Kota Blitar Drs. H Santoso, Mpd bersama TP PKK Kota Blitar melakukan gerakan tanam cabai serentak di halaman Rumah Dinas Walikota Blitar. Senin (18/3/2024)

Pada kesempatan tersebut, Walikota Blitar Santoso mengatakan, gerakan tanam cabe serentak yang dilakukan oleh kelompok ibu-ibu PKK ini bagian dari upaya untuk uji coba, karena saat ini harga cabai di pasar mengalami kenaikan yang secara drastis.

“Bahkan Sampai sekarang juga belum menunjukkan tanda-tanda penurunan harga. Bahkan terus meningkat, karena itulah ibu-ibu pkk mencoba praktek gerakan tanam cabai, ada sekitar 100 galon yang ditanam disini,” ujarnya.

Nantinya, tanaman cabai ini akan dirawat oleh ibu-ibu PKK mulai dari penanam, pemupukan serta proses penggemukan. Ya nanti kita lihat perkembangannya, sambungnya.

Ia juga menuturkan, nantinya kalau bisa dilakukan secara baik bisa disebar luaskan ke kelompok masyarakat, baik RT dan RW di seluruh kelurahan.

“Jadi tidak memerlukan media tanam yang cukup luas, dibelakang rumahpun ada sebidang tanah sempitpun bisa ditanami dengan media tanam seperti yang dilakukan ibu-ibu PKK saat ini,” sambung Santoso.

Disampaikan Santoso, bahwa kegiatan seperti ini di masyarakat melaui dinas pertanian sudah sering dilakukan sosialisasi tinggal menunggu prosesnya.

“Sejauh yang pernah saya lakukan pemantauan itu di Kelurahan Ngadirejo waktu itu, itu bagus, hasilnya cabai bisa tumbuh subur artinya kalau sekedar untuk kepentingan rumah tangga saja sudah cukup,” pungkasnya.

Baca Juga  Rakor Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dan Kewaspadaan Menjelang Bulan Suro 1445 H/2023

Pos terkait