Menuju Pemilu 2024, KPU Magetan Lakukan Simulasi Coblosan

Beritatrends, Magetan – Terhitung H-13 Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan Jawa Timur melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara, di halaman Kantor KPU Magetan, Rabu (31/01/2024).

Berdasarkan pantauan, KPU setempat turut menggandeng warga TPS 9 Desa Ringinagung, Magetan.

Mereka diperkenalkan dengan surat suara dan diperkenankan mencoblos di bilik. Bahkan diharuskan menyelupkan tinta usai memilih, seperti alur Pemilu aslinya. Para petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) juga tampak melaksanakan perannya sesuai tugas.

Ketua KPU Magetan, Fahrudin mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk memberi sosialisasi dan gambaran nyata kondisi pada saat pelaksanaan Pemilu.

“Diharap pemilih, penyelenggara, partai politik, dan stakeholder bisa memahami kondisi pada hari H pemungutan. Sehingga 14 Februari nanti bisa berjalan lancar,” terangnya.

Sementara itu Pj. Bupati Magetan Hergunadi yang turut menjadi simulator pemilih mengajak peran aktif masyarakat untuk hadir menyalurkan suara di TPS pada 14 Februari mendatang.

Ia juga menegaskan agar masyarakat diharap terus menjaga kondusivitas di tahun politik saat ini. Menurut Hergunadi, ini penting agar aktivitas dan pertumbuhan ekonomi turut berjalan sebagaimana mestinya.

“Kalau anak muda menyebut tanggal 14 Februari sebagai Valentine Day, maka tanda tinta (di kelingking) menjadi tanda bukti cinta kita terhadap tanah air,” tegasnya.

Pos terkait