Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2023, Perumdam Tirta Dharma Purabaya Madiun Raih IKM Kategori Baik

Beritatrends, Madiun – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka (LPPM Unmer) Madiun melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan kinerja Perumdam Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun. Hasilnya, indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap kinerja dan pelayanan Perumdam Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun pada tahun 2023 masuk kategori baik.

LPPM Unmer Madiun melakukan survei kepuasan masyarakat (SKM) tahun 2023 untuk mengetahui kinerja Perumdam Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun sebagai penyelenggara pelayanan air bersih di Kabupaten Madiun. Kinerja pelayanan diukur dengan indeks kepuasan masyarakat sebagai konsumen atas pelayanan air bersih.
Dengan mengetahui IKM, Perumdam Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun akan mengambil kebijakan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat Kabupaten Madiun.

Direktur Utama Perumdam Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun, Sumaryono menyatakan secara umum Indeks Kepuasan Masyarakat yang diperoleh Perumdam Tirta Dharma Purabaya Kabupaten Madiun pada tahun 2023 masuk kategori baik dengan nilai sebesar 80,36. Hasil itu berdasarkan analisa di 14 unit PDAM Kabupaten Madiun.

Dari 14 unit PDAM Kabupaten Madiun, tiga diantaranya mendapatkan nilai IKM dengan kategori sangat baik pada rentang nilai 88,31 hingga 100 yakni Dolopo, Pilang Kenceng dan Kare. Dengan nilai itu maka pelayanan yang diberikan sudah sangat memuaskan.

Sementara itu 11 unit lainnya dengan nilai IKMnya kategori baik berada di rentang 76,61-88,31 yakni Caruban, Saradan, Dagangan, Madiun, Wonoasri, Sawahan, Wungu, Gemarang, Jiwan, Geger dan Balerejo. Dengan nilai IKM tersebut maka 11 unit mendapatkan penilaian pelayanan yang diberikan memuaskan masyarakat.

Menurut Sumaryono, predikat IKM baik itu diraih atas dukungan seluruh pihak dan kinerja jajarannya yang optimal. Kendati demikian, PDAM Kabupaten Madiun akan terus berbenah agar seluruh unit pelayanan bisa mendapatkan nilai IKM sangat baik.

Baca Juga  Peringatan Maulid Nabi Besar Muhamad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H, Di Pekon Pematang Nebak Kecamatan Bulok di Hadiri Bupati Tanggamus

Tak hanya itu, PDAM Kabupaten Madiun akan terus berinovasi agar sistem dan tata kelola pelayanan kepada masyarakat makin baik. Untuk mewujudkan hal itu, PDAM Kabupaten Madiun sudah membangun command centre.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Merdeka Madiun, Dr. HW Darmoko menyatakan PDAM Kabupaten Madiun layak mendapatkan IKM baik setelah timnya melakukan survei terhadap konsumen di berbagai kecamatan. Hasilnya, masyarakat menilai pelayanan PDAM Kabupaten Madiun sudah memuaskan.

Agar seluruh cabang nilai IKMnya sangat memuaskan, ia merekomendasikan agar kinerja dan pelayanan makin ditingkatkan lagi. Salah satu indikatornya berupa penanganan pengaduan pelanggan yang harus ditingkatkan.

Pos terkait