Menyongsong Pemilu 2024, Bakesbangpol Magetan Sosialisasikan Pendidikan Politik

saat sosialisasi pendidikan politik di balaidesa kartoharjo, magetan

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) laksanakan kegiatan Pendidikan Politik Peran Aparatur Pemerintah Desa, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat dalam Cipta Kondisi Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Kabupten Magetan Tahun 2024.

Kegiatan Pendidikan Politik kali ini digelar di Balaidesa Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Kamis (19/09/2024)

Pendidikan Politik merupakan Suatu konsep yang penting dalam sistem sosial politik suatu negara. Pendidikan Politik membahas tentang bagaimana pendidikan dapat mempengaruhi dan memperkuat partisipasi politik masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Plt. Kepala Bakesbangpol Magetan, Yok Sujarwadi melalui Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Zaini Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa Sosialisasi Pendidikan Politik merupakan salah satu langkah penting untuk memperluas partisipasi dan pemahaman politik di Kabupaten Magetan.

“Aparatur Pemerintahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat memiliki pengaruh yang besar dalam mengopinisasi lingkungan, serta mengarahkan opini publik, maka kita perlu mensosialisasikan Pendidikan Politik yang melibatkan Aparatur Pemerintah Desa, Toga, dan Tomas dalam cipta kondisi menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2024, serta merupakan proses pendewasaan demokrasi di Indonesia terhadap isu-isu sosial yang terjadi,” jelas Zaini, Kamis (19/09/2024)

Pemkab Magetan melalui Bakesbangpol Magetan berkewajiban memberikan fasilitasi terhadap proses pendidikan politik kepada seluruh masyarakat melalui program-programnya, sebagai upaya perbaikan paradigma masyarakat terhadap politik.

“Menjelang pesta demokrasi di Kabupaten Magetan tahun 2024 kegiatan sosialisasi dan dialog politik sangat relevan untuk meningkatkan pemahaman berdemokrasi dan berpolitik agar masyarakat antusias dalam menyambut pesta demokrasi Tahun 2024, dengan hadir di tiap TPS untuk menyalurkan hak pilihnya,” imbuh Zaini.

Baca Juga  Pelantikan PK Rohil Kepri, Wabup Sulaiman Berharap Pengurus Organisasi Bersinergi Bangun Rohil

Lebih lanjut, Kepada seluruh Aparatur Pemerintahan, Tokoh Agama Tokoh Masyarakat serta setiap elemen masyarakat di Kabupaten Magetan dihimbau untuk mewujudkan Kabupaten Magetan yang aman, tertib, dan damai khususnya mendekati penyelenggaraan Pilkda Tahun 2024, sehingga pembangunan di Kabupaten Magetan terus berlanjut.

“Melakukan Deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap gangguan dan potensi konflik dalam penyelenggaraan pilkada tahun 2024 dengan terus melakukan koordinasi, monitoring dan mengikuti perkembangan situasi politik yang terjadi di Magetan,” kata Zaini.

Mendorong partisipasi masyarakat dengan hadir di TPS untuk menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada 2024 mendatang, tepatnya pada 27 November 2024.

“Semoga sosialisasi kali ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Magetan dalam rangka melek politik dan cipta kondisi menyongsong Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Magetan Tahun 2024 pada tanggal 27 November 2024 mendatang,” akhir Zaini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *