Paripurna Tentang Nota Keuangan RPAPBD Kabupaten Magetan TA 2022

Saat Paripurna Berlangsung

Beritatrends, Magetan – Paripurna DPRD Magetan Penjelasan Bupati Magetan Terhadap Nota Keuangan Tentang Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Magetan TA 2022

Merujuk pada Pasal 161 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 disebutkan bahwa perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi : Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA, Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar organisasi, antar unit organisasi, antar program, antar kegiatan, dan antar jenis belanja, Keadaan yang menyebabkan SiLPA tahun anggaran sebelumnya harus digunakan dalam tahun anggaran berjalan, Keadaan darurat dan / atau Keadaan Luar Biasa.

Program dan kegiatan yang diusulkan untuk ditampung dalam Perubahan APBDTahun Anggaran 2022mempertimbangkan bahwa kegiatan yang menjadiprioritas untuk dilaksanakan dan memperhatikansisa waktu pelaksanaan anggaran.

Nota Keuangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 disusun untuk merangkum perubahan program dan kegiatan, adanya penyesuaian dan pergeseran baik dalam komponen pendapatan daerah, belanja daerah maupun pembiayaan daerah. Selain itu juga menjelaskan adanya perubahan kebijakan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten sehingga perlu diadakan perubahan dan penyesuaian kembali.

Wakil Ketua DPRD Magetan Nur Wakhid SH mengatakan, Ini tadi seperti yang telah disampaikan Bupati jadi nota keuangan itu tahun 2022 mengalami kenaikan, tentu kita berharap ini nanti bisa bermanfaat untuk semuanya, setelah pandemi Covid 19 2 tahun ini ya mungkin di tahun 2022 ini kita berusaha untuk melakukan percepatan.

Jadi setelah kita mengalami keterpurukan ini kalau menurut saya baik-baik saja, semoga setalah covid 19 selama 2 tahun ini nanti kita bisa melakukan perbaikan-perbaikan, dan sehingga Kabupaten Magetan mulai tahun 2022 ini kita jadi lebih maju.

“Setelah ini kita akan lakukan pembahasan, kita melihat kenaikan anggaran itu sangat luar biasa, maka kemarin kita sudah sepakat dengan tim anggaran, kita akan melakukan percepatan pembahasan, jadi insyaallah di bulan September ini nanti akan kita selesaikan pembahasan sehingga asumsinya upaya kita pertanggal 1 Oktober anggarannya sudah raning, karena melihat tadi seperti yang disampaikan Bupati progam-programnya sangat banyak, nanti kalau waktunya tidak cukup nanti akan jadi silfa lagi,”ujarnya.

Ditempat yang sama Bupati Magetan DR. Drs. H, Suprawoto SAH. M, Si mengatakan, perubahan Nota Keuangan nantinya lebih banyak untuk insfrastruktur dan pemilihan ekonomi utamanya karena kita tahu bahwa selama pandemi ini insfrastrutur kita jauh menurun, sehingga perlu penyesuaian.

“Sehingga nantinya di APBD fokus ke insfrastruktur, pemilihan ekonomi supaya ekonomi tumbuh, karena hari ini akan ada zoom tentang kenaikan BBM, untuk ini perlu langkah, supaya setiap program yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat,”pungkas Bupati Suprawoto.

Pos terkait