Pawai Budaya Bangga Magetan, SMPN 1 Kawedanan Usung Cerita Maduretno

Beritatrends, Magetan – Dirgahayu Indonesiaku. Turut menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan negeri tercinta Republik Indonesia, SMP Negeri 1 Kawedanan berpartisipasi dalam pawai budaya bangga Magetan, Sabtu (27/8/2023) siang.

Dengan mengusung tema Madu Kusumo, SMPN 1 Kawedanan membawa satu mobil hias yang dinaiki oleh Ronggo Prawirodirjo dan sang istri Maduretno, diikuti arak-arakan pasukan.

Meluncur melewati titian rute mulai dari alun-alun Magetan, menuju panggung kehormatan, dan finish di GOR Ki Mageti Magetan.

“SMPN 1 Kawedanan memang sengaja mengusung tema kali ini, karena selain menjadi tontonan juga bisa menjadi tuntunan bahkan pengetahuan bagi warga masyarakat bahwa di Kabupaten Magetan memiliki ikon yang istimewa yang berada di Gunung Bancak tentang Maduretno,” kata Guru pendamping SMPN 1 Kawedanan.

Disisi lain, Siswi SMPN 1 Kawedanan, Anya Dewi Pramesti yang kali ini berperan sebagai Nyai Maduretno yang merupakan putri ke 3 dari Hamengkubuwana ke X.

“Meragakan sebagai Maduretno yang menemani Suaminya yakni Ronggo Prawirodirjo menyusuri rute pawai,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dalam memperagakan sebagai Nyai Maduretno diceritakan ia sedang menemani suaminya Ronggo Prawirodirjo saat memimpin pasukannya.

“Ceritanya ini Nyai Maduretno bersama Ronggo Prawirodirjo sedang memimpin para pasukan bersenjata mulai dari regu panah, regu tombak, regu pedang, dan lain sebagainya, sehingga ini bisa menjadi tontonan dan tuntunan bagi warga masyarakat di Kabupaten Magetan bahwa Kabupaten Magetan memiliki cerita istimewa tentang Maduretno,” jelas Anya Dewi.

Baca Juga  Bupati Magetan Tanggapi Pandangan Fraksi DPRD Tentang LPJ APBD 2022

Pos terkait