Pecahkan Rekor Muri, Bupati Madiun Minta Festival Kue Manco Terus Digelar Agar Mendunia

Festival Kue Manco Terus Digelar Agar Mendunia

Beritatrends, Madiun – Festival Kue Manco yang digelar di Lapangan Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (3/9/2023) mengukir sejarah baru. Festival yang menyajikan 50 ribu kue manco pada 455 tumpeng di Lapangan Desa Tambakmas memecahkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Piagam pemecahan rekor MURI itu diserahkan perwakilan representatif MURI Sri Widayati kepada Bupati Madiun, Ahmad Dawami didampingi Camat Kebonsari, Tarnu Ashidiq dan Kepala Desa Kepala Desa Tambakmas, Sugeng Wibowo selaku pemrakarsa dan penyelenggara kegiatan Festival Kue Manco 2023.

Festival Kue Manco 2023 di Lapangan Desa Tambakmas tercata dalam Rekor MURI Ke-11.202 dengan sajian kue manco terbanyak, yaitu 50 ribu kue di 455 gunungan sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun H. Ahmad Dawami mengatakan, melalui rekor MURI tersebut Kue Manco akan lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan khas Kabupaten Madiun. Pria yang akrab disapa Kaji Mbing ini pun mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan antar masyarakat dan mempertahankan eksistensi Kue Manco secara turun temurun.

Bagi Kaji Mbing, keberadaan kue manco yang terus terjaga akan menjadikan makanan khas Kabupaten Madiun itu tidak hanya di tingkat nasional saja namun dapat mendunia. Untuk itu seluruh warga diminta terus mempertahankan tradisi budaya festival kue manco setiap tahunnya.

Sementara itu Kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo menyampaikan Fesitval Kue Manco Madiun sudah digelar keempat kalinya. Warga pun menjadi bersemangat menyelenggaran festival tersebut lantaran tahun masuk dalam MURI.

Sugeng optimis, keberadaan kue manco akan makin banyak dikenal orang setelah masuk MURI tahun ini. Tak hanya dikenal di kalangan regional Jawa Timur dan nasional, kue khas Kabupaten Madiun dipastikan akan mendunia dengan sendirinya.

Baca Juga  Fashion Show of Sarung di Ponorogo

Untuk itu, ia bersama warga Desa Tambakmas akan terus mempertahankan keberadaan kue manco dengan menggelar festival setiap tahunnya. Terlebih kue manco sudah menjadi produk khas warga Desa Tambakmas yang diwariskan turun temurun sejak dahulu kala.

Pos terkait