Pembinaan Gabungan HIPPA Dalam Rangka Lomba Tingkat Nasional

Beritatrends, Magetan – Pentingnya pengelolaan SDA yang diperlukan dalam menjaga kelestarian sumber daya air sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal dan berkelanjutan Dalam bidang pertanian. air menjadi faktor produksi di samping kesuburan tanah, pekerja/petani serta teknologi pertanian.

Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) dan Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) Sumber Rejeki Jaringan Irigasi Ngenteb mengadakan Pembinaan gabungan HIPPA dalam rangka Lomba tingkat nasional. Yang bertempat di DAM Ngentep, Soco desa Giriporno, Magetan. Selasa (22/3/2022).

Dalam upaya mendukung kelestariaan sumber daya air khususnya bagi pertanian, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Kelompok Kerja (GHIPPA)

Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) dan Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) adalah merupakan organisasi petani pemakai air yang bersifat sosial ekonomi dan budaya yang berwawasan lingkungan dan berasaskan gotong royong.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH. M.Si mengatakan bahwa hari ini ada GHIPPA jadi sumber Rejeki ini kebetulan mengelola air ini untuk 12 desa sekitar 617 Deta. Sehingga kalau ada organisasi semacam ini akan mengatur bagaimana air bisa dimaksimalkan, tidak menimbulkan gejolak karena petani itu nyawanya air.

Pihaknya berharap GHIPPA sumber rejeki ini agar menjadi contoh baik model pengelolaan air yang bagus sehingga nantinya GHIPPA yang lain itu bisa mencontoh disini .

” Petani itu ketika musim kemarau selalu yang dibutuhkan adalah air, kami tidak bisa menyalahkan karena memang tanaman yang sudah ditunggu tunggu kalau misalkan musim kemarau panjang atau apa tentu air itu sangat urgen. Supaya tetap berjalan dengan baik, ada organisasi ini dan GHIPPA sumber rejeki ini mudah mudahan nanti didalam lomba ditingkat karesidenan bisa menang nanti bisa manju ditingkat provinsi” pungkasnya

Pos terkait