Pemilu Serentak Tinggal Menghitung Hari, Insan Pers Magetan Deklarasikan Pemilu Damai Dalam Rangka HPN 2024

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka menjaga kondusifitas dan memerangi hoaks pada Pemilu 2024, puluhan insan pers di Magetan lakukan Dekrasasi Pemilu Damai, yang bertepatan pada Hari Pers Nasional 2024. Jumat (09/02/2024)

Deklarasi yang mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasonal dan Menjaga Keutuhan Bangsa” kali ini diselenggarakan di RPM Jl. Diponegoro, Selosari Magetan, Jawa Timur.

Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Magetan, Rendro Sunarjono, yang memimpin pembacaan deklarasi, menyatakan bahwa pers siap bekerja sama dengan pemerintah, TNI, Polri, dan penyelenggara pemilu untuk menjaga suasana yang aman dan damai selama proses pemilu berlangsung.

“Bersama pemerintah, TNI Polri, dan penyelenggara pemilu, kami akan turut menjaga suasana kondusif. Memerangi hoaks dan ujaran kebencian,” tegas Rendro.

Sementara itu, Kapolres Magetan, AKBP Satria Permana menyambut baik deklarasi ini dan mengapresiasi peran pers dalam menjaga stabilitas nasional.

“Selamat Hari Pers untuk rekan-rekan semua. Terima kasih atas kerja sama yang terbangun selama ini. Saya mengapreasi sikap rekan-rekan pers untuk juga berkolaborasi menjaga situasi tetap kondusif. Secara nasional boleh hangat, tapi di Magetan tetap aman terkendali,” kata Kapolres Magetan.

Satria Permana juga mengajak media untuk membantu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dengan melakukan sosialisasi agar warga mendatangi TPS.
“Saya usul Pemkab bisa memberikan diskon pada warga yang sudah nyoblos,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Pj Bupati Magetan, Hergunadi, yang turut hadir dalam kegiatan kali ini menyampaikan ucapan selamat Hari Pers Nasional dan berterima kasih atas kontribusi pers dalam memajukan daerah.

“Semua kan untuk Masyarakat. Semoga pers Magetan semakin maju dan Sejahtera. Boleh kritik asal jangan menghujat.” Ungkap Hergunadi.

Menanggapi usulan Kapolres, Hergunadi menyatakan bahwa Pemkab akan segera menindaklanjutinya. “Atas ide Kapolres, dalam satu dua hari ini, kita akan umumkan untuk memberi diskon bagi masyarakat yang sudah nyoblos 25-50 persen di destinasi wisata yang dikelola pemkab,” jelasnya.

Baca Juga  Warga Pulung Ditemukan Gantung Diri Pada Pohon Blimbing

Acara Peringatan Hari Pers Nasional di Magetan ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Pj Bupati yang didampingi kapolres.

Tumpeng kemudian diberikan kepada ketua organisasi media dan wartawan di Magetan sebagai simbol penghargaan atas peran mereka dalam membangun demokrasi yang sehat dan damai.

Pos terkait