Pemkab Magetan Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024

Gelar Forum Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP), di Pendopo Surya Graha, Rabu (18/1/2023).

RKPD merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode satu tahun, sehingga dalam hal ini FKP digelar sebagai bentuk penyempurnaan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, sekaligus sebagai wadah untuk menghasilkan kesepakatan antar para pemangku kepentingan.

“Perencanaan pembangunan memang harus direncanakan jauh sebelumnya, dan ini perlu kehati-hatian karena di era digital semuanya harus cepat tanggap terhadap perubahan. Oleh karena itu, perlu ada tahapan dan masukan yang lebih cerdas dari seluruh komponen masyarakat supaya mengena, karena kecepatan perubahan kan luar biasa,” ujar Bupati Suprawoto saat membuka acara FKP.

Lebih lanjut, Kepala Bappeda Litbang Magetan, Elmy Kurnianto Widodo, menyampaikan bahwa ini merupakan langkah awal dalam penyusunan RKPD yang tentu masih akan melalui proses yang panjang ke depannya.

“FKP ini menjadi saluran kita untuk mendapatkan masukan, mensinkronkan usulan, dan menyetelkan perintah dari atas. Yang jelas proses ini harus melibatkan seluruh stakeholder. Jadi kalau ada masukan kami terima. Baru nanti kita susun OPD mana yang harus bertugas untuk merangkainya dalam bentuk kegiatan atau program kerja,” paparnya.

Selain itu, Elmy juga memaparkan terkait program prioritas pembangunan Magetan pada tahun 2024, diantaranya (1) Menjaga stabilitas sosial, politik, dan keamanan; (2) Transformasi produktivitas pertanian dan pariwisata; (3) Reformasi Sistem Perlindungan Sosial untuk perluasan akses penduduk miskin dan rentan sesuai basis data; (4) Penguatan manajemen pemerintahan yang adaptif; (5) Peningkatan potensi pajak, intensifikasi, dan ekstensifikasi; serta (6) Kemitraan dengan stakeholder untuk penguatan ekonomi masyarakat.

Tak hanya itu, program lanjutan pun juga akan dirampungkan oleh Pemkab Magetan, seperti Sirkuit Balap, Kampung Susu Lawu (KSL), dan Graha Pusat Literasi.

“Program lanjutan ini sifatnya hanya menyempurnakan. Kalau untuk sirkuit baru tahun ini mulai, akan dibantu provinsi. KSL terkait penanganan masalah limbah. Dan Graha Literasi tinggal isi dan dorongan untuk pengadaan kegiatan di dalamnya,” terang Elmy.

Adapun dalam pembangunan ke depan, Pemkab Magetan akan mengusung tema “Stabilitas Sosial dan Keamanan untuk Penguatan Transformasi Ekonomi Unggul melalui Pembangunan Kolaboratif dan Birokrasi yang Adaptif”.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan Bappeda Litbang Provinsi Jawa Timur yang juga memaparkan arah kebijakan pembangunan Provinsi Jawa Timur.

Pos terkait