Pemkot Madiun Raih Penghargaan Tiga Besar Transaksi KKI Tertinggi di Jatim

TERIMA PENGHARGAAN– Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono menyerahkan penghargaan transaksi Kartu Kredit Indonesia (KKI) tertinggi ketiga di Jawa Timur kepada Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (7/5/2024).

Beritatrends, Madiun – Pemerintah Kota Madiun menerima penghargaan transaksi Kartu Kredit Indonesia (KKI) tertinggi ketiga di Jawa Timur. Penghargaan itu diserahkan langsung Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono kepada Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (7/5/2024)

Penghargaan itu diterima Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto saat mengikuti Giat High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Surabaya. Penghargaan itu diraih lantaran keaktifan Pemerintah Kota Madiun dalam penerapan digitalisasi untuk transaksi.

Terlebih saat ini pemerintah pusat dan provinsi terus mendorong pemerintah di daerah untuk meningkatkan penggunaan cashless dalam setiap transaksi. Dari kebijakan itu, Kota Madiun masuk tiga besar di tingkat Jawa Timur.

Kondisi itu menunjukkan sebagian besar pembayaran atau transaksi di Pemerintah Kota Madiun sudah mengedepankan sistem cashless.

RAIH PENGHARGAAN– Penjabat Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto menunjukkan penghargaan yang diraih dalam bidang transaksi Kartu Kredit Indonesia (KKI) di Gedung Grahadi Surabaya, Selasa (7/5/2024).

Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono mengatakan pemerintah harus mengedepankan penerapan digitalisasi untuk pembayaran setiap transaksinya. Hal itu dapat diterapkan untuk penggunaan APBD, pajak hingga retribusi.

‘’Sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah dalam setiap transaksi entah itu penggunaan APBD, penarikan pajak, retribusi, dan sebagainya untuk mengedepankan digitalisasi atau cashless,’’ kata Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono usai kegiatan Giat High Level Meeting (HLM) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) di Surabaya, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga  HIPAKAD Kabupaten Pringsewu Tidak Diundang Pada Perayaan Peringatan Hari Pahlawan 2021 Ketua HIPAKAD Angkat Bicara

Daerah yang berhasil mengedepankan digitalisasi dalam transaksi keuangan seperti Kota Madiun, kata Adhy, sudah layak mendapatkan penghargaan. Untuk itu seluruh daerah di Jawa Timur agar meningkatkan penggunaan digitalisasi dalam setiap transaksi.

Bagi Adhy, digitalisasi transaksi perlu ditingkatkan untuk menjaga akuntabilitas, transparansi, dan juga efisiensi. Dengan demikian seluruh pemerintah daerah didorong untuk terus mengedepankan digitalisasi transaksi.

‘’Begitu juga dalam penggunaan Qris. Kita memang sudah harus melek itu. Makanya, dalam pertemuan ini juga kita tekankan kepada edukasi. Selain itu literasi edukasi memang terusa harus digaungkan,’’ ujar Adhy.

Ia menambahkan digitalisasi keuangan di seluruh daerah di Jawa Timur sudah cukup bagus. Hal itu dibuktikan dengan dua daerah yang sebelumnya masih berstatus maju pada semester lalu sudah beralih berstatus digital saat ini. Selain itu dibuktikan dengan diraihnya predikat WTP untuk seluruh kota/kabupaten di Jawa Timur.

Pos terkait