Siswa SD di Magetan Diajak Gemar Makan Ikan

Gemar Makan Ikan

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 100 siswa dari SDN Tambran, SDN Mangkujayan, dan SDN Sukowinangun di Kecamatan Magetan Jawa Timur diajak untuk gemar makan ikan.

Ajakan tersebut dikemas dalam acara Edukasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Magetan, serta Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) setempat, Selasa (07/05/2024).

Kepala Disnakkan Magetan, Nur Haryani mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk pemberian pemahaman bagi anak mengenai pentingnya gizi ikan untuk kesehatan dan kecerdasan.

Menurutnya, selain dapat menaikkan konsumsi makan ikan, gerakan ini juga dinilai akan mampu mengentaskan permasalahan di Magetan, terkait permasalahan gizi buruk.

“Ini merupakan tugas kita bersama, kami titip program makan ikan ini pada sekolah-sekolah, serta ibu bapak guru,” ungkapnya, saat hadir di SDN Tambran.

Senada dengan Kadisnakkan, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (FORIKAN) Magetan, Siti Fatonah Hergunadi menyebut, pihaknya akan terus berupaya menjalin kerjasama dengan semua mitra.

Ini dilakukan demi membiasakan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan, misalnya menjadikannya sebagai menu lauk pauk sehari-hari.

“Tugas kita bersama dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat agar merubah kultur budaya dari sekedar makan agar kenyang lebih kepada makan dengan gizi protein ikan untuk sumber daya manusia yg berkualitas,” terangnya.

Diharap adanya kolaborasi antar instansi dapat tercipta sinergi yang kuat untuk mengembangkan sektor perikanan sekaligus pendidikan di Kabupaten Magetan.

Baca Juga  Masuk Dalam Wilayah Aglomerasi Level 3, Polres Mojokerto Targetkan Capaian Vaksinasi 70 Persen

Pos terkait